PELAKSANAAN LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (LVEP) DI RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013

Dianita Prastiwi, 10105244027 (2018) PELAKSANAAN LIVING VALUES EDUCATION PROGRAM (LVEP) DI RA TIARA CHANDRA YOGYAKARTA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BERBASIS KURIKULUM 2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
DIANITA PRASTIWI_10105244027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan LVEP, dan (2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan LVEP di RA Tiara Chandra. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Setting penelitian di Jl. Ali Maksum Gang Melati 3 Krapyak, Panggungharjo, Bantul, Yogyakarta. Subjek adalah kepala sekolah, dan guru. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan, dan triangulasi sumber serta metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Living Values Education Program (LVEP) di RA Tiara Chandra Yogyakarta dalam pembentukan karakter berbasis kurikulum 2013 ditekankan pada nilai agama dan moral, sosial emosional, dan bahasa. Pada pengembangan dan pembentukan nilai agama dan moral melalui LVEP di RA Tiara Chandra dilakukan dengan tujuan supaya anak terbiasa mengucapkan kalimat pujian, anak dapat menyebutkan harihari besar keagamaan, dan siswa dituntut untuk menghapal surat-surat pendek, huruf-huruf pada Iqro’. Pada pengembangan dan pembentukan sosial emosional dilakukan dengan tujuan supaya anak terbiasa membantu teman atau guru yang membutuhkan bantuan dan melatihkan sikap tanggungjawab pada anak. Pada pengembangan dan pembentukan bahasa dilakukan dengan cara adanya pengungkapan secara verbal dan non verbal, dapat mengenal keaksaraan melalui bermain, dan mampu menunjukkan kemampuan awal melalui karya. (2) Faktor internal pendukung pelaksanaan LVEP adalah RA Tiara Chandra metode pembelajaran anak yang lebih mendukung dalam implementasi RA Tiara Chandra, dan kurikulum yang bersifat fleksibel, karena kurikulum dibuat secara mandiri untuk satu tahun ajaran. Faktor eksternal pendukung pelaksanaan living LVEP adalah RA Tiara Chandra memiliki master trainer yang selalu memantau para umi dalam menerapkan LVEP di sekolah, dan adanya dukungan dari anak dan orangtua positif serta mampu bekerjasama dengan baik dalam penyelenggaraan LVEP. Faktor internal penghambat pelaksanaan LVEP adalah karakter anak yang berbeda-beda menyebabkan fast learner dan slow learner, LVEP membutuhkan waktu lama dan tidak dapat diajarkan dalam waktu yang singkat. faktor penghambat pembentukan karakter melalui LVEP adalah peran orangtua ketika tidak ikut menerapkan LVEP di rumah menyebabkan sekolah kesulitan dalam memaksimalkan implementasi pendidikan nilai.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58527

Actions (login required)

View Item View Item