PEMANFAATAN INTERNET OLEH SISWA KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR I YOGYAKARTA

Krishna Cahya Murthi Kuncoro, 11105241002 (2018) PEMANFAATAN INTERNET OLEH SISWA KELAS VIII SMP PANGUDI LUHUR I YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Krishna Cahya Murthi Kuncoro_11105241002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui apa saja bentuk pemanfaatan internet oleh siswa, dan 2) mengetahui saja hambatan yang dialami siswa dalam memanfaatkan internet. Penelitian ini meenggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VIII yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa dapat memanfaatkan internet dengan sangat baik sebagai sumber belajar sebanyak 2 siswa (6,66%), pada kategori baik sebanyak 11 siswa (30%), pada kategori cukup sebanyak 8 siswa (26,67%), pada kategori kurang sebanyak 7 siswa (30%), dan pada kategori sangat kurang sebanyak 2 siswa (6,66%). Dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa dapat memanfaatkan layanan internet seperti browsing, FTP, e-mail, dan chatting sebagai sumber belajar. Selain itu hambatan dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar, pada kategori sangat baik/sama sekali tidak mengalami hambatan sebanyak 1 siswa (3,33%), pada kategori baik/sedikit mengalami hambatan sebanyak 8 siswa (26,67%), pada kategori cukup sebanyak 13 siswa (43,33%), pada kategori kurang sebanyak 7 siswa (23,33%), dan pada kategori kurang sebanyak 1 siswa (3,33%). Sebagian besar siswa cukup mengalami hambatan dalam memanfaatkan internet

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58525

Actions (login required)

View Item View Item