PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Septian Verra Kusumawardani, 10105244009 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Septian Verra Kusumawardsni_10105244009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap kecerdasan spasial pada materi bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Se Kecamatan Jetis Bantul yang terdiri dari 24 sekolah sebanyak 559 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD N Bendosari sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N Canden sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media video pembelajaran terbukti berpengaruh terhadap kecerdasan spasial pada materi bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata pada kelas kontrol (80,68>72,44). Artinya, nilai rata-rata pada kelas yang diberikan perlakuan dengan media video pembelajaran memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diberikan perlakuan tanpa menggunakan media video pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58524

Actions (login required)

View Item View Item