Septian Verra Kusumawardani, 10105244009 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KECERDASAN SPASIAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Septian Verra Kusumawardsni_10105244009.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap kecerdasan spasial pada materi bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V Sekolah Dasar Se Kecamatan Jetis Bantul yang terdiri dari 24 sekolah sebanyak 559 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas V SD N Bendosari sebanyak 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas V SD N Canden sebanyak 22 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Independent T Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media video pembelajaran terbukti berpengaruh terhadap kecerdasan spasial pada materi bangun ruang siswa kelas V Sekolah Dasar. Hal ini ditunjukkan dari nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Hasil analisis data diketahui bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen lebih besar dari pada nilai rata-rata pada kelas kontrol (80,68>72,44). Artinya, nilai rata-rata pada kelas yang diberikan perlakuan dengan media video pembelajaran memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang diberikan perlakuan tanpa menggunakan media video pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | admin teknologi pendidikan fip |
Date Deposited: | 23 Aug 2018 09:41 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 16:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58524 |
Actions (login required)
View Item |