MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BELAJAR WARNA DITINJAU DARI DESAIN PESAN PEMBELAJARAN

Eko Setiawan, 12105241041 (2018) MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID BELAJAR WARNA DITINJAU DARI DESAIN PESAN PEMBELAJARAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Eko Setiawan_12105241041.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk penerapan prinsip-prinsip desain pesan pembelajaran yang meliputi prinsip kesiapan dan motivasi, prinsip penggunaan alat pemusat perhatian, prinsip partisipasi aktif pengguna, prinsip umpan balik, dan prinsip perulangan serta mengetahui potensi sumber daya pada multimedia pembelajaran interaktif berbasis android Belajar Warna. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi, yang mengadopsi langkah-langkah menurut Eriyanto. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perumusan tujuan analisis, konseptualisasi dan operasionalisasi, pembuatan lembar koding (coding sheet) atau kisi-kisi instrumen, penentuan populasi dan sampel, proses koding, input data, dan analisis. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian yang disajikan dalam lembar koding (coding sheet). Objek penelitian adalah multimedia pembelajaran interaktif berbasis android Belajar Warna. Hasil penelitian menunjukan bahwa multimedia pembelajaran interaktif Belajar Warna telah memenuhi penerapan prinsip desain pesan pembelajaran meliputi: 1) kesiapan dan motivasi meliputi penerapan judul, musik latar, dan narasi yang menarik dan persuasif, background yang menarik dan sesuai tema, menyajikan tujuan pembelajaran, dan mengaitkan dengan materi sebelumnya; 2) penggunaan alat pemusat perhatian meliputi ukuran dan font teks yang berbeda, menyajikan teks, gambar, dan karakter yang memiliki warna yang kontras dengan background, animasi yang menarik, efek suara pada tombol, serta menggunakan narasi dengan karakter suara, intonasi, dan pelafalan yang menarik dan sesuai anak; 3) partisipasi aktif disajikan dalam bentuk teks/gambar dan narasi dengan ajakan bersifat fisik dan verbal, serta menyajikan permainan yang berkaitan dengan materi pembelajaran; 4) umpan balik meliputi respon terhadap jawaban pengguna, kemampuan multimedia menampilkan skor pengguna dalam permainan, dan menampilkan riwayat bermain pengguna; 5) prinsip perulangan pada multimedia ini terdapat pada fungsi tombol/icon untuk mengulang informasi ataupun permainan. Multimedia ini memenuhi prinsip dasar desain multimedia pembelajaran interaktif, elemen multimedia interaktif dan mempunyai potensi sumber daya yang dapat dikembangkan untuk pembelajaran lebih lanjut.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58523

Actions (login required)

View Item View Item