PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT IDEOLOGI PANCASILA, WAWASAN KEBANGSAAN, DAN KEISTIMEWAAN DIY DI BADAN DIKLAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fiska Nurul Hidayah, 14105244008 (2018) PELAKSANAAN PROGRAM DIKLAT IDEOLOGI PANCASILA, WAWASAN KEBANGSAAN, DAN KEISTIMEWAAN DIY DI BADAN DIKLAT DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Fiska Nurul Hidayah_14105244008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: 1) Perencanaan diklat IPWAK, 2) Proses pelaksanaan diklat, 3) Evaluasi diklat IPWAK, dan 4) Faktor pendukung dan penghambat diklat IPWAK di Badan Diklat DIY. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta diklat, pengelola diklat, dan fasilitator. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan diklat IPWAK di Badan Diklat DIY. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk mengukur keabsahan data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan: 1) Perencanaan diklat IPWAK meliputi analisis kebutuhan diklat, perencanaan kurikulum, penyusunan jadwal, penentuan fasilitator, penyusunan jadwal piket, pemanggilan peserta, persiapan sarana prasarana dan penyusunan laporan diklat. 2) Pelaksanaan diklat IPWAK meliputi registrasi, pembukaan, pengarahan program, pre test, penyampaian materi, praktik lapangan, seminar, post test, evaluasi penyelenggaraan, dan penutupan. 3) Evaluasi diklat IPWAK terdiri dari evaluasi pengajar, evaluasi penyelenggaraan diklat, evaluasi akhir peserta, dan evaluasi paska pelatihan. 4) Faktor pendukung diklat IPWAK antara lain sarana komunikasi yang mendukung; evaluasi secara online, suasana yang nyaman, pengajar berkompeten, variasi pembelajaran dengan visitasi, dan sarana prasarana yang mendukung. Faktor penghambat antara lain: 1) Sistem on-off class yang menyebabkan peserta kurang fokus, 2) Perubahan jadwal harus menyesuaikan dengan pengajar, 3) Media pembelajaran kurang lengkap, dan 4) Lokasi tempat pelatihan yang jauh.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58522

Actions (login required)

View Item View Item