PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI PERCOBAAN 2 SLEMAN

Filla Dlia’a Umaroh, 14105241011 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI PERCOBAAN 2 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Filla Dlia_a Umaroh_14105241011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk dan mengetahui hasil efektivitas produk berupa multimedia pembelajaran interaktif subtema Komponen Ekosistem untuk siswa kelas V SD Negeri Percobaan 2 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang didasarkan pada pengembangan R & D dari Thiagarajan, Semmel & Semmel yang disebut dengan model Four-D. Namun, desain pengembangan multimedia pembelajaran interaktif ini hanya meliputi tiga langkah yang terdiri dari define, design, dan develop.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan tes. Teknik analisis data dari ahli dan siswa menggunakan rerata, sedangkan untuk melihat kelayakan dilakukan dengan konversi data kuantitatif kedalam data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Telah menghasilkan multimedia pembelajaran interaktif yang layak dengan dibuktikan dari hasil validasi materi dan ahli media. Hasil validasi ahli materi termasuk kategori sangat baik (3,85). Hasil validasi ahli media termasuk kategori sangat baik (3,63). Hasil uji coba perorangan termasuk kategori layak (0,80). Hasil uji coba kelompok kecil termasuk kategori layak (0,87). Hasil uji coba lapangan lebih luastermasuk kategori layak (0,90). (2) Multimedia pembelajaran interaktif telah efektif terhadap hasil belajar siswa dibuktikan dengan pre test dan post test. Pretest mendapat rata-rata 74, sedangkan hasil belajar post test menunjukan nilai rata-rata 91, sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan nilai sebesar 17. Jadi, secara keseluruhan hasil pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Subtema Komponen Ekosistem dikatakan layak sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58521

Actions (login required)

View Item View Item