PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD 1 PATALAN

M. Rastra Surya Pradana, 12105241021 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA MONOPOLI TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SD 1 PATALAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
M. Rastra Surya Pradana_12105241021.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media Monopoli Indahnya Kebersamaan yang layak untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SD 1 Patalan. Media ini diharapkan mampu menjadi alternatif media pembelajaran pada tema indahnya kebersamaan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development menggunakan model Dick & Carey, Arief S Sadiman, dan Borg & Gall. Dalam penelitian ini terdapat tiga tahapan pokok yaitu: (1) studi pendahuluan berupa analisis kebutuhan dan tujuan, analisis pembelajaran, serta analisis pebelajar. (2) tahap pengembangan terdiri dari merumuskan tujuan pembelajaran, merumuskan materi, merumuskan alat evaluasi, pengembangan produk awal, dan validasi produk, (3) tahap evaluasi terdiri dari uji coba lapangan awal, revisi produk hasil uji coba, uji coba lapangan, revisi produk hasil uji lapangan, uji pelaksanaan lapangan, dan revisi produk akhir. Penelitian ini melibatkan 2 dosen UNY sebagai validator dan 26 siswa kelas IV SD 1 Patalan sebagai subjek uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik kuantitatif deskriptif. Penilaian produk dari ahli materi mendapatkan rerata skor 4,2 dengan kriteria baik. Penilaian dari ahli media mendapatkan rerata skor 4,84 dengan kriteria sangat baik. Uji lapangan awal mendapatkan presentase 86,67% dengan kriteria layak, uji coba lapangan mendapatkan presentase 96,67% dengan kriteria layak, uji coba operasional mendapatkan presentase 97,14% dengan kriteria layak. Berikutnya, sebelum siswa menggunakan produk ini dilakukan pretest dengan rerata nilai yang didapat 5,96, sedangkan rerata nilai yang didapat setelah posttest yaitu 7,77, sehingga rerata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 1,81. Jadi, media Monopoli Indahnya Kebersamaan dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:41
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58520

Actions (login required)

View Item View Item