EFEKTIVITAS PELATIHAN PARENTING METODE STUDI KASUS TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA PENGASUHAN BAGI ORANG TUA SISWA KELAS III A SDN DERESAN YOGYAKARTA

Lina Maulani Ikhsan, 14105241005 (2018) EFEKTIVITAS PELATIHAN PARENTING METODE STUDI KASUS TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN POLA PENGASUHAN BAGI ORANG TUA SISWA KELAS III A SDN DERESAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Lina Maulani Ikhsan_14105241005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pelatihan parenting metode studi kasus terhadap peningkatan pemahaman pola pengasuhan bagi orang tua siswa kelas III A SDN Deresan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ekperimen. Jenis penelitian yang akan dilakukan dalam penelitian ini adalah preexperimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah orang tua siswa kelas III A SDN Deresan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial nonparametris dengan Chi Kuadrat untuk mengetahui signifikansi peningkatan pemahaman pola pengasuhan dan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan parenting metode studi kasus efektif meningkatkan pemahaman pola pengasuhan bagi orang tua siswa kelas III A SDN Deresan Yogyakarta. Efektivitas pelatihan parenting metode studi kasus terhadap peningkatan pemahaman pola pengasuhan ini berdasarkan hasil uji Chi Kuadrat yang memiliki nilai nilai Asymp. Sig 0,035 < 0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikansi antara hasil pre-test dan post-test. Serta pelatihan parenting metode studi kasus mencapai semua indikator program pelatihan efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58517

Actions (login required)

View Item View Item