PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SEBAGAI BAHAN AJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Rivan Prayuda Dewantara, 12105244013 (2018) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TENTANG MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING SEBAGAI BAHAN AJAR MAHASISWA TEKNOLOGI PENDIDIKAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Rivan Prayuda Dewantara_12105244013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan media video pembelajaran dengan materi model pembelajaran mind mapping. Video pembelajaran ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa prodi Teknologi Pendidikan pada mata kuliah model – model pembelajaran. Selain itu, juga untuk mengetahui kelayakan media video materi model pembelajaran mind mapping sebagai bahan ajar bagi dosen Teknologi Pendidikan berdasarkan ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, kuisioner, dokumentasi, dan pre test post test. Subjek penelitian berjumlah 22 orang, yang terdiri 1 ahli media, 1 ahli materi dan subjek uji coba 20 mahasiswa Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta yang sedang atau sudah menempuh matakuliah Model -model Pembelajaran. Validitas instrumen menggunakan validitas kontruksi. Analisis data berupa masukan, kritikan, dan saran yang dianalisis secara deskriptif kualitatif yang kemudian disimpulkan guna memperbaiki produk yang dikembangkan. Data angka yang menunjukkan kelayakan produk dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah menghasilkan video pembelajaran tentang model pembelajaran mind mapping yang layak dijadikan sebagai bahan ajar mahasiswa Teknologi Pendidikan pada mata kuliah model – model pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58515

Actions (login required)

View Item View Item