ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN

Niken Setyaningsih, 14105244009 (2018) ANALISIS KONTEN ANIMASI “KAMPUNG EDU” DI TELEVISI EDUKASI DITINJAU DARI PRINSIP DESAIN PESAN PEMBELAJARAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Niken Setyaningsih_14105244009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi berupa gambaran mengenai bentuk penerapan prinsip desain pesan pembelajaran dalam animasi “Kampung Edu” di Televisi Edukasi terkait konten yang disajikan dari aspek prinsip kesiapan dan motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, partisipasi aktif, umpan balik dan perulangan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi, yang mengadopsi langkahlangkah menurut Eriyanto. Tahapan dalam penelitian ini meliputi perumusan tujuan analisis, konseptualisasi dan operasionalisasi, pembuatan lembar koding (coding sheet) atau kisi-kisi instrumen, penentuan populasi dan sampel, proses koding, input data, dan analisis. Obyek penelitian adalah animasi “Kampung Edu” di Televisi Edukasi. Teknik pengumpulan data menggunakan instumen penelitian yang disajikan dalam lembar koding (coding sheet). Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat penerapan prinsip desain pesan pembelajaran dalam animasi “Kampung Edu” di Televisi Edukasi, meliputi prinsip kesiapan dan motivasi, penggunaan alat pemusat perhatian, partisipasi aktif, umpan balik, dan perulangan. Adapun bentuk penerapan prinsip desain pembelajaran, sebagai berikut: 1) kesiapan dan motivasi meliputi penampilan judul, perkenalan karakter, penyampaian misi karakter, dan pengondisian penonton, dan penyampaian manfaat film; 2) penggunaan alat pemusat perhatian meliputi penggunaan daya tarik karakter, humor, rasa takut, kesalahan, rasional, emosional, musik, dan teknik penyajian yang bervariasi; 3) partisipasi aktif dibuktikan dengan adanya partisipasi mental; 4) umpan balik meliputi umpan balik yang bersifat informatif, umpan baik dengan tujuan mengoreksi, umpan balik dengan tujuan memperingatkan, serta umpan balik dengan tujuan memotivasi; 5) perulangan dibuktikan dengan adanya tinjauan selintas awal mengenai inti dari isi cerita, kesimpulan dan pengulangan penyajian pesan atau informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58514

Actions (login required)

View Item View Item