PENGARUH LATIHAN BEBAN METODE CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN VO2 MAX DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI PADA PEMAIN FC UNY DALAM MENGHADAPI LIGA NUSANTARA TAHUN 2018

Seneva, Yesa Okta (2018) PENGARUH LATIHAN BEBAN METODE CIRCUIT TRAINING TERHADAP PENINGKATAN VO2 MAX DAN KEKUATAN OTOT TUNGKAI PADA PEMAIN FC UNY DALAM MENGHADAPI LIGA NUSANTARA TAHUN 2018. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi full fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu (1) FC UNY seringkali mengalami performa yang naik turun saat bertanding dikarenakan kebugaran yang tidak stabil, (2) belum adanya pengawasan keseharian pemain layaknya pemain profesional, (3) belum adanya komitmen dari setiap pemain untuk datang di setiap sesi latihannya sehingga selalu berganti-ganti pemain yang datang untuk mengikuti latihan, (4) jarangnya sesi latihan fisik dan belum di ketahuinya pengaruh latihan beban metode circuit training terhadap peningkatan VO2 max dan kekuatan otot tungkai pada pemain FC UNY. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh latihan beban metode circuit training terhadap peningkatan VO2 max dan kekuatan otot tungkai pada pemain FC UNY Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian eksperimen, desain penelitian dalam penelitian ini adalah pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah pemain sepak bola FC UNY yang berjumlah 12 peserta. Pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling dengan kriteria sampel yaitu : (a) pemain yang terpilih dalam liga nusantara, (b) laki-laki, (c) mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta yang tergabung dalam UKM sepak bola, (d) mahasiswa yang rajin latihan di UKM sepak bola. Instrumen yang digunakan multi stage dan leg and back dynamometer. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis dengan analisis uji t (paired sample t test). Berdasarkan hasil analisisi uji t pengaruh latihan beban metode circuit training terhadap VO2 max diperoleh nilai t hitung (9,502) > t tabel (2,201), Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh latihan beban metode circuit training terhadap peningkatan VO2 max pada pemain FC UNY dalam menghadapi Liga Nusantara Tahun 2018. Berdasarkan hasil analisisi uji t pengaruh latihan beban metode circuit training terhadap kekuatan otot tungkai diperoleh nilai t hitung (15,938) > t tabel (2,201), Dengan demikian disimpulkan ada pengaruh latihan beban metode circuit training terhadap peningkatan kekuatan otot tungkai pada pemain FC UNY dalam menghadapi Liga Nusantara Tahun 2018.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: latihan beban, metode circuit training, VO2 max, kekuatan otot tungkai
Subjects: Olahraga
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:36
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58510

Actions (login required)

View Item View Item