PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PASAK KOMBINASI UNTUK ANAK TK PERTIWI IV NGEPANREJO BANDONGAN MAGELANG

Izudin Adi Nugroho, 11105244020 (2018) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PASAK KOMBINASI UNTUK ANAK TK PERTIWI IV NGEPANREJO BANDONGAN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Izudin Adi Nugroho_11105244020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk alat permainan edukatif yang layak digunakan untuk mengembangkan aspek kemampuan dasar motorik, kognitif dan bahasa anak TK Pertiwi Ngepanrejo kelompok B, Bandongan, Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadopsi dari sepuluh langkah penelitian dan pengembangan Borg & Gall. Langkah yang ditempuh peneliti hanya tujuh langkah yaitu: 1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi hasil uji coba, 6) uji coba lapangan utama, 7) penyempurnaan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, angket, dan observasi. Kelayakan produk berdasakan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan anak TK Pertiwi Ngepanrejo sebagai pengguna. Data hasil angket ahli dan anak TK Pertiwi Ngepanrejo dianalisis dengan konversi skala lima. Berdasarkan dari hasil validasi ahli materi tahap 1 dalam aspek pembelajaran memperoleh skor rata-rata 3,5 dikategorikan baik, pada aspek isi memperoleh skor rata-rata 3,37 dikategorikan cukup. Pada validasi ahli materi tahap 2 pada aspek pembelajaran memeperoleh skor rata-rata 4,45 dikategorikan sangat baik, pada aspek isi memperoleh skror rata-rata 4,87 dikategorikan sangat baik. Pada validasi ahli media tahap 1 pada aspek fisik mendapatkan skor rata-rata 4,66 dikategorikan sangat baik, pada aspek desain tampilan memperoleh skor ratarata 4 dikategorikan baik, pada aspek pemanfaatan memperoleh skor rata-rata 5 dikategorikan sangat baik. Pada validasi ahli media tahap 2 pada aspek fisik memperoleh skor rata-rata 4,67 sehigga dikategorikan sangat baik, pada aspek desain tampilan memperoleh skor rata-rata 4,67 dikategorikan sangat baik, pada aspek pemanfaatan memperoleh skor rata-rata 5 dikategorikan sangat baik. Sehingga secara keseluruhan produk alat permainan edukatif pasak kombinasi dikatakan layak untuk mengembangkan aspek kemampuan dasar motorik, kognitif dan bahasa anak TK Pertiwi Ngepanrejo kelompok B.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58509

Actions (login required)

View Item View Item