HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN WIDYAISWARA TERHADAP HASIL DIKLAT DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP)

Anggi Putri Utami, 14105241001 (2018) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN WIDYAISWARA TERHADAP HASIL DIKLAT DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN (LPMP). S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Anggi Putri Utami_14105241001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan pengelolaan pembelajaran widyaiswara terhadap hasil diklat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Penelitian ini menggunakan pendekatan kombinasi atau campuran (mix methods). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 peserta diklat kurikulum 13 untuk guru sekolah dasar. Instrumen pengambilan data menggunakan kuesioner atau angket dengan uji validitas konstruk dengan expert judgement, reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan hasil 0,857 pada variabel persepsi peserta diklat terhadap kemampuan pengelolaan pembelajaran widyaiswara. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, uji linearitas dan uji homogenitas, sedangkan uji hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi product moment dari Karl Pearson. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif-kuantitatif. Analisis data kualitatif menggunakan analisis data berupa kondensasi data, penyajian data dan simpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara kemampuan pengelolaan pembelajaran widyaiswara dengan hasil diklat yang dilihat dari nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah semakin tinggi tingkat persepsi peserta diklat terhadap kemampuan pengelolaan pembelajaran widyaiswara maka semakin tinggi pula hasil diklat yang diperoleh peserta diklat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58508

Actions (login required)

View Item View Item