PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DI KELAS III SD NEGERI PERUMNAS 3 CONDONGCATUR, DEPOK, YOGYAKARTA

Ladyka Ayuningtyas Sidowati, 13105241023 (2018) PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA POSTER DI KELAS III SD NEGERI PERUMNAS 3 CONDONGCATUR, DEPOK, YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
LADYKA _13105241023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan karakter disiplin pada pelaksanaan pembelajaran pada siswa kelas III dengan menggunakan media pembelajaran poster di SD Negeri Perumnas 3 Condongcatur, Depok, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas dengan desain Kemmis dan Taggart yang terdiri dari atas 4 tahapan yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Penelitian ini dilaksanakan dengan memberikan tindakan dalam dua siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas III dengan jumlah murid 40 siswa.Teknik pengumpulan data dengan observasi dan menggunakan test.Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter disiplin dengan menggunakan media pembelajaran poster dapat meningkatkan karakter disiplin dalam pelaksanaan pembelajaran. Peningkatan proses pembelajaran ditunjukkan dengan hasil dari pasca tindakan I ke pasca tindakan II yang meningkat sebesar 11,24%. Selain itu peningkatan dari pratindakan ke pasca tindakan II yang meningkat 22,92%. Peningkatan diperoleh dengan cara memberikan pembimbingan yang lebih intens pada setiap aspek karakter disiplin.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58492

Actions (login required)

View Item View Item