PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAKE AND GIVE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN SISWA KELAS 2 SD N DEMANGAN YOGYAKARTA

Ria Karina Dwi Septina, 13105241016 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TAKE AND GIVE TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI PERKALIAN SISWA KELAS 2 SD N DEMANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ria Karina Dwi Septina_13105241016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dalam penerapan model pembelajaran Kooperativ Take and Give terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas 2 SD N Demangan Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design dengan pendekatan pretest dan posttest control group design yang melibatkan subjek penelitian siswa kelas 2 SD N Demangan Yogyakarta pada semester 1 (gasal) tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 42 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa panduan wawancara, tes perkalian matematika, dan check list dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t (Independent Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif Take and Give efektif terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika. Pengaruh terlihat dari peningkatan nilai rata-rata setelah diberikan perlakuan berupa penerapan model pembelajaran Kooperatif Take and Give pada kelas eksperimen dengan skor nilai rata-rata sebesar 76,67, sedangkan kelas kontrol yang menggunakan metode ekspositori mendapatkan skor sebesar 67,62 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran Kooperativ Take and Give terhadap peningkatan hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas 2 SD N Demangan Yogyakarta. Selain itu perbedaan pengaruh juga ditunjukkan oleh hasil uji independent sample t-test atau uji-t.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:40
Last Modified: 30 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58491

Actions (login required)

View Item View Item