PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA

Fitri Aminatul Azizah, 13105241029 (2018) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID MATA PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Fitri Aminatul Azizah_13105241029.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk mobile learning berbasis aplikasi android mata pelajaran biologi yang layak dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem saraf untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas XI. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation) untuk pengembangan materi dan model Alessi & Trollip untuk pengembangan media. Langkah-langkah penelitian pengembangan meliputi 1) penelitian dan pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal; (a) pengembangan materi menggunakan model ADDIE; (b) pengembangan media menggunakan model Alessi & Trollip, 4) uji coba lapangan awal, 5) revisi produk utama, 6) uji coba lapangan utama, 7) revisi produk operasional, 8) uji coba lapangan operasional, 9) revisi produk akhir. Validasi produk oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba produk dilakukan 3 kali, yaitu uji coba lapangan awal kepada 3 siswa, uji coba lapangan utama kepada 10 siswa, dan uji coba lapangan operasional kepada 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi android mata pelajaran biologi dinyatakan layak untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor sebesar 3,4 dari skor maksimal 4 (layak) dan pada ahli media sebesar 3,67 dari skor maksimal 4 (layak). Hasil uji lapangan awal diperoleh skor 0,82 dari skor maksimal 1 (layak), uji lapangan utama diperoleh skor 0,87 dari skor maksimal 1 (layak), dan uji lapangan operasional diperoleh skor 0,93 dari skor maksimal 1 (layak).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58487

Actions (login required)

View Item View Item