PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI AWILUAR KABUPATEN TASIKMALAYA JAWA BARAT

Dais Masnunah, 13105241055 (2018) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU PELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK SISWA KELAS V SD NEGERI AWILUAR KABUPATEN TASIKMALAYA JAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Dais Masnunah_13105241055.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media kartu mata pelajaran bahasa Inggris yang layak untuk siswa kelas V SD Negeri Awiluar Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat. Penelitian pengembangan ini mengadopsi model pengembangan Borg & Gall, yang dikolaborasikan dengan model pengembangan pembelajaran Dick & Carey. Langkah-langkah penelitian pengembangan meliputi 1) Penelitian dan pengumpulan data, 2) Perencanaan yang dikolaborasikan dengan 3 tahapan dari Dick & Carey, 3) Pengembangan awal produk yang dikolaborasikan tahap mengembangkan dan memilih materi pembelajaran dari Dick & Carey, 4) Uji coba lapangan awal, 5) Revisi produk utama, 6) Uji coba lapangan utama, 7) Revisi produk operasional, 8) Uji coba lapangan operasional, 9) Revisi produk akhir. Subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Awiluar sejumlah 15 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil skor penilaian melalui uji coba oleh ahli materi didapatkan skor akhir sebesar 87 (kategori sangat layak) dan oleh ahli media mendapatkan skor akhir sebesar 58 (kategori sangat layak). Selanjutnya pada uji coba lapangan awal diperoleh skor hasil penilaian sebesar 141 (kategori sangat layak), pada uji coba lapangan utama diperoleh skor 381 (kategori sangat layak), dan pada uji coba lapangan operasional diperoleh skor 675 (kategori sangat layak). Hasil keseluruhan uji coba media kartu adalah sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 23 Aug 2018 09:39
Last Modified: 30 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58486

Actions (login required)

View Item View Item