PENGARUH SPORT MASSAGE DAN MASASE KEBUGARAN PASCA AKTIVITAS FISIK TERHADAP PERUBAHAN DENYUT NADI , FREKUENSI PERNAFASAN, DAN TEKANAN DARAH PADA PEMAIN RUGBY DIY

Alhadi, Zuhri Fahmi (2021) PENGARUH SPORT MASSAGE DAN MASASE KEBUGARAN PASCA AKTIVITAS FISIK TERHADAP PERUBAHAN DENYUT NADI , FREKUENSI PERNAFASAN, DAN TEKANAN DARAH PADA PEMAIN RUGBY DIY. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
fulltext_zuhri fahmi al-hadi_16603141002.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Sport Massage dan masase kebugaran pasca aktivitas fisik merupakan dua jenis masase yang mempunyai manipulasi dan perlakuan yang berbeda. Sport massage memiliki banyak teknik manipulasi sedangkan masase kebugaran pasca aktivitas fisik hanya memiliki empat teknik manipulasi masase ditambah dengan penguluran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas sport massage dan masase kebugaran pasca aktivitas fisik terhadap denyut nadi, frekuensi pernafasan, dan tekanan darah pada pemain rugby DIY. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-experimental dengan menggunakan two group pre test and post test design. Sampel penelitian ini yaitu pemain rugby DIY sebanyak 20 orang yang diambil secara purposive sampling. Pemain rugby dikelompokkan menjadi dua kelompok perlakuan; sport massage dan masase kebugaran pasca aktivitas fisik. Teknik analisis data menggunakan uji Manova metode Roy’s Largest Root untuk mengetahui pengaruh sport massage dan masase kebugaran pasca aktivitas fis ik terhadap denyut nadi, frekuensi pernafasan, dan tekanan darah. Jika ada pengaruh kedua jenis masase terdahap variabel dependent dilanjutkan Uji Least Significance Difference untuk mengetahui pengaruh yang lebih baik antara kedua jenis masase terhadap variabel dependent. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Ada pengaruh sport massage dan masase kebugaran pasca aktivitas fisik terhadap denyut nadi, frekuensi pernafasan, dan tekanan darah secara signifikan (p<0.05). Masase kebugaran pasca aktivitas fisik lebih efektif dibandingkan sport massage terhadap perubahan denyut nadi, frekuensi pernafasan, dan tekanan darah secara signifikan (p<0.05).

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dosen Pembimbing: Dr. Bambang Priyonoadi, M.Kes.
Uncontrolled Keywords: masase, terapi
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Feb 2021 08:46
Last Modified: 02 Feb 2021 08:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58481

Actions (login required)

View Item View Item