PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA/SMK/MA SE-KECAMAPATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH

Adelan, Muhammad Bahrun (2018) PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI SMA/SMK/MA SE-KECAMAPATAN PURWAREJA KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA JAWA TENGAH. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD BAHRUN A.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengelolaan ekstrakurikuler olahraga di SMA/SMK/MA se-Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Bajaranegara Jawa Tengah yang dapat dijadikan sumber balajar bagi guru,pelatih atau pihak pengelola ekstrakurikuler olahraga. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode survei dengan teknik pengambilan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah pihak pengelola yang bersangkutan di SMA/SMK/MA se-Kecamatan Purwareja Klampok, yang berjumlah 6 orang dan pengambilan data dilaksanakan pada bulan April 2018. Diperoleh hasil uji coba angket terhadap 10 sekolah di Kecamatan Banjarnegara yaitu nilai validitas 0.757 dengan r-tabel 0.632 dan jumlah item yang gugur sebanyak 11 soal dari 51 soal. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase yang terbagi dalam 5 kategori. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan ekstrakurikuler olahragadi SMA/SMK/MA se-Kecamatan Purwareja Klampok termasuk kategori sedang yaitu dapat diketahui dari perencanaan, pengorganisasian, penentuan tugas dan penentuan anggaran secara keseluruhan cukup baik. Secara rinci, 0 sekolah (0%) memiliki pengelolaan yang sangat rendah, 2 sekolah (33.33%) memiliki pengelolaan ekstrakurikuler yang rendah, 4 sekolah (66.67%) memiliki pengelolaan ekstrakurikuler yang sedang, 0 sekolah (0%) memiliki pengelolaan yang tinggi, 0 sekolah (0%) memiliki pengelolaan yang sangat tinggi, dengan nilai rata-rata sebesar 130.83 pada interval 122.6 – 137.4.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Manajemen, Ekstrakurikuler Olahraga
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:52
Last Modified: 30 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58478

Actions (login required)

View Item View Item