Pengembangan Instrumen Friendship Activity Observational Test dan Adjective Observational Test untuk Anak Tunagrahita dalam Unified Sports

Burhaein, Erick (2018) Pengembangan Instrumen Friendship Activity Observational Test dan Adjective Observational Test untuk Anak Tunagrahita dalam Unified Sports. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erick burhaein-16711251018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan: (1) kebutuhan pengembangan instrumen friendship activity observational test dan adjective observational test untuk anak tunagrahita dalam unified sports; dan (2) pengembangan instrumen friendship activity observational test dan adjective observational test untuk anak tunagrahita dalam unified sports yang valid dan reliabel. Metode penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan model pengembangan adaptasi 4D model menjadi 3D model, yaitu: (1) define- menghasilkan analisis kebutuhan instrumen di lapangan oleh pelatih, (2) design- menghasilkan analisis teoritik , dan (3) develop-menguji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data untuk pengujian validitas isi menggunakan content validity ratio (CVR) dari hasil penilaian sembilan ahli terdiri dari akademisi dan praktisi, kemudian pengujian reliabilitas menggunakan intraclass correlation coefficient (ICC) dari hasil penilaian tiga rater. Hasil penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: (1) Ada kebutuhan pengembangan instrumen friendship activity observational test dan adjective observational test untuk anak tunagrahita dalam unified sports oleh seluruh pelatih olahraga anak tunagrahitase-DIY; dan(2) Instrumen friendship activity observational testdan adjective observational testuntuk anak tunagrahitadalam unified sportsyang valid dan reliabel. Hal ini ditunjukkan oleh hasil pengujian validitas didapatkan rerata nilai CVR instrumenFriendship Activity Observational Test sebesar 0.945 dan Adjective Observational Test sebesar 0.941. Hasil pengujian reliabilitas didapatkan nilai ICC instrumen Friendship Activity Observational Test sebesar 0.916 s/d 0.958 dan Adjective Observational Test sebesar 0.920 s/d 0.962.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: adjective, instrumen, friendship activity, unified sports
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:12
Last Modified: 03 Dec 2021 07:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58476

Actions (login required)

View Item View Item