Pengembangan Aplikasi Fisika Isomorfis (FORFIS) BerbantuanAndroid untuk Meningkatkan Kemampuan Transfer Analogi danSelf- Diagnosis Peserta Didik SMA

Sari, Desy Kumala (2018) Pengembangan Aplikasi Fisika Isomorfis (FORFIS) BerbantuanAndroid untuk Meningkatkan Kemampuan Transfer Analogi danSelf- Diagnosis Peserta Didik SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-desy-kumala-sari-16726251014.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan aplikasi Fisika Isomorfis (Forfis) berbantuanAndroid untuk meningkatkan kemampuan transfer analogi dan self- diagnosispeserta didik SMAyang memenuhi kriteria layak dan efektif. Penelitian ini termasuk kategori penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Prosedur penelitian ini terdiri darilimatahap yakni, analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Implementation pada penelitian ini menggunakanpretest-posttest-control-group design. Penelitian ini dilaksanakan diempatSMAnegeri Kota Kupang. Subjek yangterlibat dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kategori yakni subjek uji coba dan subjek pengukuran. Subjek uji coba terdiri dari tujuh penelaah media, tujuh penelaah materi fisika, 333 responden uji coba insrumen penilaian, dan 31 responden uji coba keterbacaan aplikasi Forfis. Subjek pengukuran meliputi satu orang guru mata pelajaran Fisika, 28 peserta didik kelas eksperimen I, 35 peserta didik kelas eksperimen II, dan 24 peserta didik kelas eksperimen III. Data diperoleh menggunakan lembar telaah, angket keterbacaan aplikasiForfis, serta instrumen penilaian kemampuan transfer analogi dan self-diagnosis. Teknik analisis data yang digunakan untuk menentukan kelayakan aplikasi Forfis yakni persamaan validitas Aiken, standar baku ideal (Sbi), Rasch models, dan Partial Credit Models.Analisis keefektivan aplikasiForfismenggunakanAnava Mixed Design denganGeneral Linear Model. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa aplikasiForfislayak dan efektif untuk meningkatkan kemampuan transfer analogi danself-diagnosispeserta didik. Aplikasi Forfis didukung dengan konten yang layak, yang berupa instrumen penilaian yang dapat digunakan untuk melatih serta mengukur kemampuan transfer analogi danself-diagnosis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: fisika, isomorfis, android, transfer, analogi, kemampuan, self-diagnosis.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2018 04:02
Last Modified: 09 May 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58475

Actions (login required)

View Item View Item