Pengembangan Subject Specific PedagogyFisika pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-learning untuk Memperbaiki Model Mental dan Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMA. Tesis. Yogyakarta

Dinata, Pri Ariadi Cahya (2018) Pengembangan Subject Specific PedagogyFisika pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan E-learning untuk Memperbaiki Model Mental dan Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Ilmiah Peserta Didik SMA. Tesis. Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-pri-ariadi-16726251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan SSP fisika model pembelajaran berbasis masalah berbantuan e-learning yang layak digunakan untuk pembelajaran di SMA Kelas X; (2) mendeskripsikankeefektifan SSP fisika model PBM berbantuan e-learningdalam memperbaiki model mentaldan meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiahpeserta didikSMA kelas X; Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development, R&D) dengan model pengembangan 4D menurut Thiagarajan- Semmel-Semmel (1974)yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-posttest control group digunakan untuk uji coba lapangan SSP yang dikembangkan. Subjek uji coba lapangan terdiri atas 73 peserta didik dari tiga kelas X MIA di SMAN 1 Kelua. Data dikumpulkan dengan metode observasi, pengisian angket, dan pemberian test. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar responpeserta didik terhadap pembelajaran, tes model mental, dan tes argumentasi ilmiah. Data dianalisis dengan uji manova dengan taraf signifikansi 0,05 untuk mengetahui pengaruh SSP yang dikembangkan terhadap model mental dan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik. Hasil penelitian menyimpulkanbahwa (1) SSP fisika model PBM berbantuan e-learninglayak digunakan untuk memperbaiki model mental dan meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah berdasarkan penilaian silabus, RPP,LKPD, serta respon peserta didikterhadap pembelajaran, (2)SSP fisika model PBM berbantuan e-learningefektif untuk memperbaiki model mental dan meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik berdasarkan hasil uji manova yang menghasilkan nilai sig. yang lebih kecil dari 0,05, yaitu sebesar 0,001. Peserta didik dapat mendeskripsikan gaya yang bekerja pada benda, menjelaskan fenomena terkait konsep inersia, memprediksi percepatan benda,menjelaskan fenomena gaya aksi- reaksi, sertamembuat pernyataan yang didukung oleh data, fakta, dan teori.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: subject specific pedagogy, pembelajaran berbasis masalah, e- learning,model mental, argumentasi ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:49
Last Modified: 27 Nov 2023 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58470

Actions (login required)

View Item View Item