Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Model TIMSS dan Emotional Quotient (EQ) Siswa SMP Kota Bengkulu

Elentriana, Helva (2018) Kemampuan Menyelesaikan Soal Matematika Model TIMSS dan Emotional Quotient (EQ) Siswa SMP Kota Bengkulu. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-helva-elentriana-16709251068.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menyelesaikan soal matematika model TIMSS dan EQ siswa SMP kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan pendekatan mix method yaitu pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelasVIII SMP kota Bengkulu tahun pelajaran 2016/2017. Sampel penelitian sebanyak 312 siswa. Sampel berasal dari SMP dengan hasil Ujian Nasional (UN) tahun 2016 pada mata pelajaran matematika yang tergolong tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengambilan sampel digunakan yaitu nonproportional stratifed sampling, convenience sampling, dan cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes soal matematika model TIMSS sebanyak 20 butir soal (Cronbach Alpha = 0,858) dan angket EQ siswa pada pembelajaran matematika (Cronbach Alpha = 0,761). Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan nilai rata-rata, standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum, skor total, dan persentase menjawab benar untuk skor tes soal matematika model TIMSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menyelesaikan soal matematika model TIMSS tergolong rendah, namun berada di atas rata-rata internasional dan lebih tinggi dari skor capaian siswa Indonesia pada TIMSS 2011. Ditinjau dari domain konten, kemampuan siswa SMP kota Bengkulu dari rendah ke tinggi berturut-turut adalah pada soal soal yang memuat tingkat kognitif aljabar, data dan peluang, bilangan, dan geometri. Sedangkan ditinjau dari domain kognitif, kemampuan siswa SMP kota Bengkulu dari rendah ke tinggi berturut-turut adalah pada soal soal yang memuat tingkat kognitif reasoning, applying, dan knowing. Emotional Quotient (EQ) siswa tergolong pada kategori sedang. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara kemampuan menyelesaikan soal matematika model TIMSS dan EQ siswa pada pembelajaran matematika (r = 0,695). Sedangkan hubungan antara kemampuan menyelesaikan soal matematika model TIMSS dan setiap komponen EQ yaitu self awareness, self management, motivasi, empati, dan membina hubungan dengan r berturut-turut 0,547; 0,512; 0,507; 0,595; dan 0,493.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: mathematical ability, mathematics problems of TIMSS model, students’ Emotional Quotient (EQ)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:55
Last Modified: 09 May 2019 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58466

Actions (login required)

View Item View Item