Pengembangan Mobile Gamedalam Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa

Fahuzan, Khomarudin (2018) Pengembangan Mobile Gamedalam Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khomarudin-fahuzan-16709251041.swf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan mobile gamedalam pembelajaran matematika pada materi aritmetika sosial berbasis problem based learningyang memiliki kualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIA dan satu guru matematika di SMP N 3 Jetis. Instrumen penelitian yang digunakan adalahlembar validasi, lembar respon guru, angket respon siswa, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket motivasi belajar.Mobile gamedikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal memiliki kategori baik. Mobile game dikatakan praktis jika hasil respon guru dan siswa minimal memiliki kategori baik. Mobile gamedikatakan efektif jika proporsi siswa yang mencapai kategoriminimal baik minimal 75% berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar siswa. Produk yang dihasilkan terdiri dari RPP dan mobile game. Hasil validasi menunjukkan bahwa mobile game yang dikembangkan mencapai kriteria valid dengan kategori sangat baik pada RPP maupun mobile game. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa RPP dan mobile gameyang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Mobile gamemencapai kriteria praktis dengan kategori sangat baik berdasarkan respon guru dan kategori baik berdasarkan respon siswa. Mobile gamejuga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis, dan angket angket motivasi belajar siswa. Hasil tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar siswa menunjukkan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal baik memenuhi minimal 75%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan mobile gamedalam pembelajaran matematika pada materi aritmetika sosial berbasis problem based learningyang memiliki kualitas baik. Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang diterapkan adalah model ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VIIA dan satu guru matematika di SMP N 3 Jetis. Instrumen penelitian yang digunakan adalahlembar validasi, lembar respon guru, angket respon siswa, tes kemampuan berpikir kritis, dan angket motivasi belajar.Mobile gamedikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal memiliki kategori baik. Mobile game dikatakan praktis jika hasil respon guru dan siswa minimal memiliki kategori baik. Mobile gamedikatakan efektif jika proporsi siswa yang mencapai kategoriminimal baik minimal 75% berdasarkan tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar siswa. Produk yang dihasilkan terdiri dari RPP dan mobile game. Hasil validasi menunjukkan bahwa mobile game yang dikembangkan mencapai kriteria valid dengan kategori sangat baik pada RPP maupun mobile game. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa RPP dan mobile gameyang dikembangkan memiliki kategori praktis dan efektif. Mobile gamemencapai kriteria praktis dengan kategori sangat baik berdasarkan respon guru dan kategori baik berdasarkan respon siswa. Mobile gamejuga mencapai kategori efektif berdasarkan hasil tes kemampuan berpikir kritis, dan angket angket motivasi belajar siswa. Hasil tes kemampuan berpikir kritis dan angket motivasi belajar siswa menunjukkan proporsi siswa yang mencapai kategori minimal baik memenuhi minimal 75%.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:41
Last Modified: 09 May 2019 08:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58464

Actions (login required)

View Item View Item