IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KETERAMPILAN (VOKASIONAL) MELALUI PROGRAM LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN

Fajarina, Lailatul (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KETERAMPILAN (VOKASIONAL) MELALUI PROGRAM LIFE SKILL DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
TAS- LAILATUL FAJARINA (13110241054).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2027.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Implementasi Pendidikan Keterampilan (Vokasional) melalui Program Life Skill di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan, 2) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan keterampilan (vokasional) melalui program life skill di SMA Muhammadiyah 1 Muntilan.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyeknya yaitu kepala sekolah, koordinator life skill dan pendidik, peserta didik. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja implementasi pendidikan life skill ditentukan melalui; (a) Standar pelaksanaan sesuai dengan bakat dan minat peserta didik; (b) Sumberdaya terdiri dari peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, serta sarana dan prasarana yang memadai; (c) Hubungan organisasi yang terjalin yaitu antara sekolah dengan Yayasan Muhammadiyah dan SMA N 11 Yogyakarta; (d) Karakteristik agen pelaksana adanya pendidik yang kompeten (e) Kondisi sosial berupa interaksi yang baik antar agen pelaksana, kondisi ekonomi yaitu adanya Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah; (f) Disposisi implementor berupa respon, pemahaman dan nilai yang positif. Faktor pendukung implementasi pendidikan keterampilan yaitu dukungan dari yayasan, fasilitas yang memadai, pengampu yang kompeten dan antusiasme peserta didik. Faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu pembelajaranyang hanya 3 jam perminggu dan keterbatasan dana.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan keterampialn (vokasional), Sekolah Menengah Atas
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58457

Actions (login required)

View Item View Item