PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG SISTEM AMONG DI SMP TAMAN DEWASA KUMENDAMAN YOGYAKARTA

Widisaputri, Marselina Tri (2017) PENERAPAN KONSEP PENDIDIKAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG SISTEM AMONG DI SMP TAMAN DEWASA KUMENDAMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
9.TAS_Marselina Tri Widisaputri_13110241035.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara tentang sistem among di SMP Taman Dewasa Kumendaman Yogyakarta. Jenis penelitian ini kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu ketua Majelis Luhur Tamansiswa, kepala sekolah, pamong, peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitan (1) Konsep pendidikan sistem among terdapat dua landasan yaitu a) kemerdekaan, peserta didik tidak dikekang agar tidak ketergantungan dalam jangka waktu panjang. b) kodrat alam, mendidik anak dengan kemampuan yang ada dalam dirinya. Mendidik berdasarkan situasi dan kondisi peserta didik dan pamong menggunakan pendekatan terapi mesra. (2) penerapan sistem among, a) kemerdekaan, penerimaan peserta didik tidak berdasarkan nilai NEM yang dicapai saat SD. Saat pembelajaran mulai, ada peserta didik yang bermain HP, makan, dan asyik dengan teman-temannya. Namun, pamong tidak membentak-bentak. Peserta didik tidak wajib mengikuti ekstrakurikuler. b) kodrat alam, pamong melakukan home visit untuk mengetahui keadaan lingkungan peserta didik secara intensif. Pamong memberikan contoh dalam pelajaran yang tidak membuat ketersinggungan peserta didik. (3) Kendala internal: fasilitas yang kurang memadai, pamong yang sebagian bukan dari tamansiswa, peserta didik yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda. Kendala eksternal: orangtua peserta didik yang tidak peduli, lingkungan pergaulan peserta didik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara, sistem among, SMP Taman Dewasa Kumendaman Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58454

Actions (login required)

View Item View Item