ASPIRASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI DESA KIMAKAMA, KECAMATAN ILE APE, KABUPATEN LEMBATA, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR

Kepala, Valentinus Ama (2018) ASPIRASI ORANG TUA DALAM PENDIDIKAN ANAK DI DESA KIMAKAMA, KECAMATAN ILE APE, KABUPATEN LEMBATA, PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
7.TAS_Valentinus Ama Kepala_13110244020.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2027.

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentangaspirasi orang tuadalam pendidikan anak, serta mengetahui apa yang melatar belakangi aspirasi orang tua dalam pendidikan anak di desa Kimakama, NTT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalah orang tua dan anak di desa Kimakama. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah display data, reduksi data, dan pengembalian kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, dan trianggulasi teknik.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman sebagian besar orang tua akan pentingnya pendidikan di desa Kimakama masih sangat minim. Orang tua sering kali mengorbankan pendidikan anaknya untuk anak bekerja di ladang yang dianggap lebih penting ketimbang pendidikan anaknya. Hal ini berdampak pada rendahnya kesempatan anakuntuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain itu minimnya hasrat dari orang tua untuk melanjutkan pendidikan anak, membuat anak menjadi putus asa memperoleh pendidikan. Sebagian besar orang tua lebih mengutamakan dana mereka untuk pesta adat dibanding untuk menyekolahkan anak mereka. Adapun faktor penyebab orang tua tidak memberikan kesempatan kepada anaknya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi antara lain: (a) faktor ekonomi, (b) faktor budaya, (c) faktor tenaga kerja, dan (d) faktor adat istiadat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Aspirasi orang tua dalam pendidikan, aspirasi pendidikan, pendidikan anak di desa Kimakama (NTT)
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:15
Last Modified: 30 Jan 2019 16:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58452

Actions (login required)

View Item View Item