PROFIL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA BURUH GENDONG PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA

Suryandari, Aryva (2018) PROFIL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA BURUH GENDONG PASAR GIWANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
5.TAS_Aryva Suryandari_10110244042.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 31 December 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak usia dini pada buruh gendong di Pasar Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah buruh gendong Pasar Giwangan Yogyakarta dan anak-anak usia dini buruh gendong. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Buruh gendong memiliki peran ganda sebagai seorang ibu sekaligus sebagai pencari nafkah. Hal ini terjadi karena tuntutan ekonomi yang semakin tinggi sementara ekonomi buruh gendong relatif rendah. 2) Pendidikan anak usia dini sangat dipengaruhi dengan peran orangtua, pada kehidupan buruh gendong di Pasar Giwangan ini, sangat minim sekali waktu yang dimiliki oleh buruh gendong untuk mendampingi anak-anaknya dalam belajar dan dalam tumbuh kembang anak. Para buruh gendong jarang berada di rumah karena mereka menginap di wilayah Pasar sehingga tanggung jawab menjaga anak dilimpahkan kepada suami, nenek atau anak tertua dari buruh gendong. 3) Buruh gendong memiliki cara masing-masing untuk dapat tetap memantau anak-anaknya dirumah. Misalnya saja Ibu R yang sudah menggunakan handphone untuk tetap bisa memantau keadaan anak-anaknya dari jauh, kemudian ada Ibu T yang berusaha pulang 1 kali dalam seminggu karena Ibu T tidak memiliki alat kominikasi seperti Ibu R, maka Ibu T memilih untuk pulang lebih cepat yakni 1 kali dalam seminggu. Lain halnya dengan Ibu Y, Ibu Y memilih untuk pulang setiap hari kerumah dengan berbagai pertimbangan, Ibu Y yang memiliki 2 anak ini tidak tega meninggalkan anak-anaknya yang masih berusia belia yakni 14 dan 3 tahun. Ibu Y berangkat siang dan baru pulang subuh. Dirumahnya hanya tinggal neneknya yang sudah sakit-sakitan sehingga untuk tetap bisa bekerja maka Ibu Y memilih untuk “nglaju”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Buruh Gendong
Subjects: Pendidikan > Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Kebijakan Pendidikan
Depositing User: Admin Filsafat dan Sosiologi Pendidikan FIP
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:13
Last Modified: 30 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58450

Actions (login required)

View Item View Item