STUDI KASUS TENTANG KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Ria Rusmiatiwi, 13105244020 (2018) STUDI KASUS TENTANG KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT LUQMAN HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA YANG MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Ria Rusmiatiwi_13105244020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi kedisiplinan belajar siswa dalam penerapan model Problem Based Learning di SDIT Luqman Hakim Internasiona Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis studi kasus dengan subjek yaitu kelas IV B SDIT LHI Yogyakarta. Pengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kedisiplinan belajar siswa di SDIT Luqman Hakim Internasional Yogyakarta yang menerapkan model pembelajaran problem based learning masih kurang. Hal ini dapat dibuktikan dari adanya beberapa ketidakdisiplinan belajar siswa yang terjadi. bentuk-bentuk ketidakdisiplinan belajar tersebut adalah : siswa tidak memperhatikan saat pelajaran, siswa membuat gaduh yang mengganggu, siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, dan siswa tidak mengerjakan PR. (2) Faktor penyebab terjadinya adalah karena guru kurang memberitahukan tentang adanya batasan-batasan seperti peraturan dan tata tertib di dalam sekolah serta kurangnya pemberian hukuman yang membuat anak jera agar tidak mengulangi pelanggaran kedisiplinan belajar yang sama.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58430

Actions (login required)

View Item View Item