PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PROTISTA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Faif Maulana Habibi, 13105241065 (2018) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATERI PROTISTA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X MIA 2 SMA NEGERI 1 DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
FAIF MAULANA HABIBI_13105241065.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk multimedia pembelajaran interaktif pada materi Protista mata pelajaran Biologi untuk Siswa kelas X MIA 2 di SMA Negeri 1 Depok Sleman yang layak digunakan sebagai media pembelajaran. Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif Protista menggunakan model pengembangan Sugiyono, yang diadopsi dari model pengembangan Borg & Gall, kemudian pada pengembangan materi menggunakan model desain ADDIE dan pada pengembangan media menggunakan model pengembangan Hannafin & Peck. Kelayakan produk diperoleh melalui tahap evaluasi pengembangan materi dan evaluasi pengembangan media, serta tahap validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan sebanyak dua kali yang dilakukan kepada Siswa kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Depok Sleman, dengan uji coba produk melibatkan 10 Siswa dan uji coba pemakaian melibatkan 24 Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Hasil evaluasi pada pengembangan materi mendapatkan skor rata-rata 3.62 (layak), sedangkan hasil evaluasi pada pengembangan media mendapatkan skor rata-rata 3.70 (layak). Hasil akhir validasi oleh ahli materi mendapatkan skor ratarata 3.8 (layak), sedangkan hasil akhir validasi oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 3.65 (layak). Selanjutnya, pada uji coba produk memperoleh skor ratarata 3.40 (layak), uji coba pemakaian memperoleh skor rata-rata 3.46 (layak). Dengan demikian, hasil keseluruhan penilaian terhadap multimedia pembelajaran interaktif Protista adalah layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi Protista.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58429

Actions (login required)

View Item View Item