PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS VISUALISASI MEME KOMIK DAN GAMBAR KARTUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH

Saiful Amri, 13105244015 (2018) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS VISUALISASI MEME KOMIK DAN GAMBAR KARTUN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERBAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Saiful Amri_13105244015.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran yang layak digunakan untuk mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VIII Sekolah Menengah Pertama dengan materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara yang ditinjau dari aspek penilaian, seperti aspek tampilan teks, aspek tampilan warna, aspek tampilan gambar, aspek tampilan layout, dan aspek desain pesan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi prosedur tahapan pengembangan model Borg dan Gall yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu: (1) Penelitian Awal dan Pengumpulan Data, (2) Melakukan Perencanaan, (3) Melakukan Pengembangan Draft Produk, (4) Uji Coba lapangan Awal, (5) Revisi Hasil Uji Coba lapangan Awal, (6) Uji Coba Lapangan Utama, (7) Penyempurnaan Produk Hasil Uji Coba Utama. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berbah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, kuesioner ahli media, ahli materi, respon siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran yang telah divalidasi oleh ahli media pada tahap akhir mendapatkan rata-rata skor 3,4 dan termasuk dalam kategori layak, pada validasi ahli materi tahap 1 mendapatkan rata-rata skor 3,6, pada validasi ahli materi tahap 2 mendapatkan rata-rata skor 3,9 dan keduanya termasuk dalam kategori layak. Pada uji coba produk awal menggunakan mendapatkan skor 3,7 dan pada hasil uji coba lapangan utama mendapatkan skor 3,6 keduanya termasuk dalam kategori layak. Hasil penelitian pada penelitian pengembangan ini menunjukan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan oleh siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama sebagai bahan ajar untuk materi Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Teknologi Pendidikan
Depositing User: admin teknologi pendidikan fip
Date Deposited: 21 Aug 2018 02:02
Last Modified: 30 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58426

Actions (login required)

View Item View Item