KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA PRAKTIK DITINJAU DARI STANDAR SARANA DAN PRASARANA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NO. 40 TAHUN 2008 JURUSAN TKR SMK MA’ARIF 1 PIYUNGAN

Syafiq, Achmad (2018) KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA PRAKTIK DITINJAU DARI STANDAR SARANA DAN PRASARANA BERDASARKAN PERATURAN PEMERINTAH NO. 40 TAHUN 2008 JURUSAN TKR SMK MA’ARIF 1 PIYUNGAN. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Achmad_Syafiq_14504244004.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kelayakan prasarana praktik yang digunakan siswa di bengkel praktik Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 1 Piyungan. (2) Mengetahui kelayakan sarana yang digunakan siswa di bengkel praktik Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 1 Piyungan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan evaluasi formal. Metode deskriptif digunakan untuk memperoleh informasi tentang kelayakan sarana dan prasarana bengkel praktik yang digunakan siswa di bengkel praktik Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 1 Piyungan. Metode pengumpulan data dengan observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian sarana dan prasarana menggunakan lembar observasi yang telah divalidasi oleh dosen yang berkompeten dibidangnya. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif berdasarkan standar minimal sarana dan prasarana. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Kelayakan prasarana praktik meliputi prasarana luas bangunan sebesar 40% termasuk kategori kurang layak, dan prasarana syarat bangunan sebesar 64,28% termasuk kategori layak. (2) Kelayakan sarana praktik meliputi sarana mesin otomotif sebesar 80,61% termasuk kategori sangat layak, sarana kelistrikan otomotif sebesar 46% termasuk kategori kurang layak, dan sarana chasis dan pemindah tenaga sebesar 29,54% termasuk kategori kurang layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan, Sarana dan prasarana, Jurusan TKR
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:50
Last Modified: 30 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58400

Actions (login required)

View Item View Item