PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PEMBUATAN KUE DARI TEPUNG BERAS PADA MATA PELAJARAN KUE INDONESIA DI SMK N 4 YOGYAKARTA

Sabrinatami, Zanderiyani (2018) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI STOP MOTION PEMBUATAN KUE DARI TEPUNG BERAS PADA MATA PELAJARAN KUE INDONESIA DI SMK N 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengembangkan media pembelajaran untuk kompetensi pembuatan kue Indonesia berbahan dasar tepung beras dengan menggunakan video animasi stop motion, yang layak untuk diterapkan sebagai media pembelajaran; 2) mengetahui kelayakan media video pembelajaran animasi stop motion pada kompetensi pembuatan kue Indonesia berbahan dasar tepung beras yang berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Teknik pengumpulan data dengan wawancara, angket/kuesioner dan studi dokumen. Angket penilaian divalidasikan kepada expert judgement dengan saran penambahan indikator kesesuaian teknik olah, pengubahan kalimat negatif menjadi positif, pengubahan kalimat menjadi lebih efektif dan pemisahan pada 1 kalimat yang memiliki 2 indikator. Teknik analisis data yang dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan video animasi stop motion melalui tahap 4D. Tahap define untuk menentukan tujuan dengan melakukan studi dokumen dan wawancara. Tahap design dengan melakukan perancangan hingga pada tahap pembuatan media. Tahap develop untuk mengetahui penilaian kelayakan berdasarkan ahli materi, ahli media, dan siswa. Tahap disseminate dengan pengunggahan video ke youtube channel Pendidikan Teknik Boga UNY dengan url https://youtu.be/B7eXphzVu_0 dan https://youtu.be/Ehs45ozoV2s dan dalam bentuk kepingan CD/DVD untuk guru (2) Kelayakan video berdasarkan penilaian dari 2 ahli materi dengan presentase yaitu 78% dengan kategori sangat layak, 2 ahli media dengan presentase yaitu 93% dengan kategori sangat layak, uji coba terbatas siswa dengan presentase 85% dengan kategori sangat layak dan uji kelayakan siswa dengan presentase yaitu 85% dengan kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Video Stop Motion, Kue Indonesia
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 21 Aug 2018 01:48
Last Modified: 30 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58398

Actions (login required)

View Item View Item