UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Kinanti, Shaka (2018) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 DI SMK KOPERASI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Shaka Kinanti _14803244008.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Siswa Kelas X AK 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, catatan lapangan dan dokumentasi.Instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan instrumen tes berupa pre test dan post test, untuk instrument non tes berupa catatan lapangan.Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Siswa Kelas X AK 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan: Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan KKM meningkat sebesar 80%. Hal itu ditunjukkan oleh jumlah siswa mencapai ketuntasan KKM sebesar 6,66% saat pre test siklus I menjadi 80% saat post test sklus I dan selanjutnya menjadi 86,66% pada akhir siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan, Numbered Heads Together (NHT)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Admin Akuntansi FE
Date Deposited: 20 Aug 2018 00:53
Last Modified: 30 Jan 2019 16:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58397

Actions (login required)

View Item View Item