UJI SENSITIVITAS SENSOR BEBAN BERBASIS POLYMER OPTICAL FIBER YANG DIBENTUK MELINGKAR DENGAN NANOPARTIKEL TiO₂ SEBAGAI PELAPIS CLADDING

Safitri, Yohana Putri and Kuswanto, Heru (2018) UJI SENSITIVITAS SENSOR BEBAN BERBASIS POLYMER OPTICAL FIBER YANG DIBENTUK MELINGKAR DENGAN NANOPARTIKEL TiO₂ SEBAGAI PELAPIS CLADDING. S1 thesis, FMIPA.

[img]
Preview
Text
8. SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lekukan dan pelapisan nanopartikel TiO₂ sebagai pelapis cladding terhadap pelemahan daya optik serta uji sensitivitas sensor beban berbasis Polymer Optical Fiber (POF). Serat optik yang digunakan adalah POF tipe SH-4001-1.3 dengan indeks bias core sebesar 1,49 dan indeks bias cladding sebesar 1,41 yang berlapis nanopartikel TiO₂ pada bagian claddingnya. Pelapisan nanopartikel TiO₂ dengan konsentrasi 5 mM menggunakan metode coating. POF berlapis TiO₂ dibentuk melingkar dengan variasi diameter 4 cm, 5 cm dan 6 cm yang kemudian diberi beban dengan massa sampai 1000 gram dengan interval kenaikan massa beban 50 gram. Sumber cahaya yang digunakan pada penelitian ini adalah laser He-Ne dengan daya maksimum 5 mW dan panjang gelombang sebesar 632,8 nm. Laser He-Ne memancarkan cahaya melalui POF yang kemudian diterima oleh Optical Power Meter (OPM). Intensitas cahaya terukur dari setiap pelemahan sinyal laser yang disebabkan oleh variasi perubahan massa, kemudian di-plot untuk mengetahui sensitivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin landai lekukan pada lintasan POF, sensitivitas sensor beban POF juga semakin tinggi. Pelapisan nanopartikel TiO₂ pada bagian cladding POF memperbesar pelemahan daya optik keluarannya. Sensitivitas terbaik terdapat pada POF yang berlapis nanopartikel TiO₂ pada bagian cladding-nya dengan diameter lintasan 6 cm dan range massa (350 – 750) gram.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sensor beban, polymer optical fiber, nanopartikel TiO2
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Fisika > Fisika
Depositing User: Admin Fisika FMIPA
Date Deposited: 20 Aug 2018 17:13
Last Modified: 30 Jan 2019 16:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58394

Actions (login required)

View Item View Item