LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMP NEGERI 4 WATES

PONY SALIMAH NURKHAFFAH, PONY SALIMAH NURKHAFFAH (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMP NEGERI 4 WATES. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14301241006_PONY SALIMAH NURKHAFFAH_PEND. MATEMATIKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan program yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi mengajar mahasiswa sebagai calon guru/pendidik atau tenaga kependidikan. Program tersebut mempunyai kegiatan yang terkait dengan proses pembelajaran maupun kegiatan yang mendukung berlangsungnya pembelajaran. PLT ini dilaksanakan selama dua bulan yaitu dari tanggal 15 September hingga 15 November 2017. SMP Negeri 4 Wates merupakan salah satu sekolah yang ditunjuk oleh pihak UNY untuk menjadi salah satu lokasi PLT pada tahun 2017. Sekolah tersebut beralamat di Terbahsari Nomor 3, Wates, Wates, Kulon Progo. Tujuan dari program PLT ini adalah mahasiswa akan memperoleh pengamalan mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan yang dilakukan dalam PLT terdiri dari kegiatan mengajar, non mengajar, tambahan, dan insidental. Penulis mengajar sebanyak 5 jam tiap kelas setiap minggunya. Adapun kelas yang dimaksud adalah kelas 7A, 7B, 7C, 7D dan 7E. Sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan di kelas, praktikan menyusun perangkat pembelajaran, yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media pembelajaran, Lembar Kerja Siswa (LKS), evaluasi dan tindak lanjut pembelajaran. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan program individu tersebut adalah memberikan perubahan proses pembelajaran yang aktif dan menarik serta melatih keterampilan proses siswa dalam belajar matematika. Dari pelaksanaan kegiatan PLT maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan kegiatan PLT dapat berjalan dengan lancar yang dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa dalam pengembangan kompetensi sebagai guru, wahana belajar dan mengenal segala permasalahan di sekolah yang terkait dengan proses pembelajaran, meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang telah dikuasai secara interdisipliner, serta mengembangkan sikap sebagaimana seorang pelaku di dunia pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMP N 4 Wates, kegiatan, hasil.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 16:16
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58390

Actions (login required)

View Item View Item