LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP N 4 WATES Jl. Terbahsari No. 3 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

SHIANE ARTHA JUWITA, SHIANE ARTHA JUWITA (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) LOKASI SMP N 4 WATES Jl. Terbahsari No. 3 Wates, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14205241045_SHIANE ARTHA JUWITA_PBD.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan ilmu teoretis yang telah diterima di bangku perkuliahan. Pelaksaan kegiatan PLT ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengaplikasikan teori-teori selama perkuliahan tersebut sekaligus mencari ilmu secara empirik dan bersifat faktual secara nyata di lapangan. Kegiatan PLT dilaksanakan untuk mendapatkan berbagai pengalaman mengenai proses pembelajaran dan kegiatan dalam lingkungan sekolah. Hasil dari pembelajaran tersebut digunakan sebagai bekal menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan secara profesional. Kegiatan PLT dilaksanakan oleh mahasiswa kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) sebagai pembelajaran langsung pada lingkungan sekolah. Sekolah yang digunakan sebagai tempat praktik ini adalah SMP Negeri 4 Wates. Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 sampai tanggal 15 November 2017. Pelaksanaan PLT ini dilakukan dengan mengajar terbimbing di dalam kelas dan kegiatan non mengajar. Kegiatan mengajar meliputi kegiatan pengajaran terbimbing dengan guru pembimbing sebanyak 4 kali pertemuan dan mandiri 4 kali pertemuan dengan RPP yang berbeda. Kegiatan pembelajaran dilakukan untuk lima kelas yaitu dari kelas VII A, VII B, VII E, VIII D, VIII E, dan VIII F. Metode yang digunakan dalam pengajaran di kelas, antara lain diskusi kelompok, performance, eksperimen, presentasi, picture and picture, dan penugasan. Banyak kendala dan hambatan selama waktu dilaksanakannya PPL, baik yang bersifat intern maupun ekstern, diantaranya dalam pengelolaan kelas yang sulit untuk dikendalikan, karena peserta didik terlalu ramai. Namun, hal ini merupakan suatu kenyataan bahwa anak usia SMP memang dalam perkembangan seperti itu, dan hal ini merupakan suatu proses untuk menuju yang lebih baik. Kegiatan non mengajar meliputi pendampingan-kegiatan di sekolah misalnya pendampingan tugas mandiri, latihan tonti, pendampingan mading, pendampingan futsal dan sebagainya. Dengan adanya kegiatan PLT ini, mahasiswa mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah. Adanya kerjasama, kerja keras dan kedisiplinan akan sangat mendukung terlaksananya program-program PLT dengan sukses. Dengan terselesaikannya kegiatan PLT ini diharapkan dapat tercipta tenaga pendidik yang professional dan berkualitas.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT SMP N 4 WATES KULON PROGO, Shiane Artha Juwita
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 02:59
Last Modified: 01 Oct 2019 11:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58387

Actions (login required)

View Item View Item