LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 1 PENGASIH Periode : 15 September 2017 – 15 November 2017

Krisno Adriadi, Krisno Adriadi (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) DI SMA NEGERI 1 PENGASIH Periode : 15 September 2017 – 15 November 2017. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14803241014_Krisno Adriadi_Pendidikan Akuntansi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib ditempuh oleh setiap mahasiswa di semua jurusan pendidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan berupa keterampilan dalam bidang pembelajaran dan manajerial sekolah atau lembaga, dalam rangka melatih dan mengembangkan kompetensi keguruan atau kependidikan. Kegiatan PLT terbagi dalam dua tahapan, yaitu persiapan mengajar dan pelaksanaan mengajar. Tahap persiapan dimulai dari observasi kelas, yang dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2017. Selanjutnya mahasiswa menempuh mata kuliah microteching di kampus yang merupakan mata kuliah untuk melatih mahasiswa dalam mengajar. Ada beberapa program PLT yang diprogramkan oleh praktikan antara lain, piket pagi (jabat tangan), piket presensi, piket pengelolaan perpustakaan, upacara bendera, pendampingan futsal dan basket, dan lain-lain. Sedangkan untuk program PLT individu adalah menyusun perangkat administrasi mengajar yang terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), agenda mengajar, lembar kerja siswa, soal beserta kisi-kisi, kunci jawaban, serta pedoman penskoran, dan lain-lain. Praktikan juga melaksanakan praktik mengajar secara insidental. Hasil dari pelaksanaan PLT selama kurang lebih dua bulan di SMA Negeri 1 Pengasih dapat dirasakan hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan. Mahasiswa praktikan dapat menyelesaikan tugasnya dalam mengajar mata pelajaran Ekonomi dan Akuntansi untuk kelas XI serta menyelesaikan praktik mengajar insidental mata pelajaran Ekonomi dan Akuntansi. Praktik mengajar yang dilaksanakan untuk mata pelajaran ekonomi dan akuntansi sebanyak 19 kali, sedangkan untuk mata pelajaran Ekonomi dan Akuntansi insidental sebanyak 1 kali.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing, Pengembangan Kompetensi, Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 02:58
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58383

Actions (login required)

View Item View Item