LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ulfah Novianasari, Ulfah Novianasari (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTEK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14406244014_Ulfah Novianasari_Pendidikan Sejarah.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktek Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah yang wajib tempuh bagi mahasiswa UNY jurusan kependidikan. PLT UNY tahun 2017 dilaksanakan selama 2 bulan yaitu dimulai pada tanggal 16 September 2017 dan berakhir pada 15 November 2017. Tujuan dari kegian PLT adalah memberikan pengalaman kepada mahasiswa mengenai proses pembelajaran di sekolah, dalam rangka mengembangkan kompetensi keguruan maupun kependidikan yang dimiliki. Selain itu PLT ini merupakan sarana pengaplikasian transfer pengetahuan yang selama ini didapat di bangku perkuliahan. Lokasi PLT praktikan adalah di SMA N 1 Pengasih yang berlokasi di Jalan KRT. Kertodiningrat No.41, Margosari, Pengasih, Kulonprogo. Dalam pelaksanaanya kegiatan dimulai dengan melakukan observasi pembelajaran di kelas yang dilaksanakan pada saat Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) berlangsung, melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), membuat bahan ajar, membuat media pembelajaran, konsultasi dengan guru pembimbing dan evaluasi kegiatan belajar mengajar mata pelajaran sejarah. Kegiatan lain diluar mengajar yang dilakukan praktikan adalah piket loby, pelayanan perpustakaan, mengawasi UHB dan UTS, mendampingi siswa inklusi saat melakukan UHB dan UTS. Praktikan mendapat kesempatan mengajar empat kelas yaitu kelas X MIPA 1, X MIPA 2, X MIPA 3, dan X MIPA 4 dengan mengampu mata pelajaran Sejarah Indonesia Wajib. Hasil yang diperoleh selama dua bulan melaksanakan PLT di SMA N 1 Pengasih adalah praktikan dalam hal ini mahasiswa PLT UNY mendapat pengalaman mengajar, menghadapi dan memahami kondisi anak-anak pada saat pembelajaran, dan membuat persiapan untuk mengajar. Dari pengalaman tersebut mahasiswa dapat memahami secara nyata gambaran menjadi seorang guru, mengenal kondisi lingkungan sekolah, kondisi pembelajaran di kelas dan juga memahami karakter peserta didik yang berbeda. Dengan memahami karakter peserta didik itulah nantinya dapat diterapkan metode yang sesuai dan tepat sehingga kegiatan pembelajaran dapat berjalan lancar. Kegiatan PLT merupakan pengalaman yang sangat bermanfaat dan berharga karena nantinya dapat menjadi bekal ketika menjadi guru kelak.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, Pendidikan Sejarah, SMA Negeri 1 Pengasih.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 01:52
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58382

Actions (login required)

View Item View Item