LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO

NURPUJIASTUTI, NURPUJIASTUTI (2017) LAPORAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 1 PENGASIH KULON PROGO. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14203241020_Nurpujiastuti_Pendidikan Bahasa Jerman.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), yang sebelumnya bernama Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang harus ditempuh mahasiswa semester 7 Universitas Negeri Yogyakarta. PLT merupakan upaya peningkatan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang merupakan bentuk pembelajaran mahasiswa UNY dengan cara memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk mencari pengetahuan di luar kampus yakni pengalaman mengajar, memperluas wawasan, pelatihan dan pengembangan kompetensi yang diperlukan dalam bidang yang ditekuni, peningkatan keterampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Selain itu, sebagai mahasiwa pendidikan perlu adanya pelatihan mengajar agar dapa menguasai empat kompetensi guru professional yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, dan sosial. Kegiatan PLT dilakukan di SMA Negeri 1 Pengsih di Kulon Progo, DIY. Kegiatan pra PLT adalah observasi, kemudian mahasiswa beserta DPL PLT melaksanakan kegiatan penerjunan pada tanggal 16 September 2017 dengan harapan mahasiswa sudah dapat beraktivitas di lingkungan sekolah, dan kegiatan terakhir yaitu evaluasi serta penarikan mahasiswa PLT yang dilaksanakan 15 November 2017. Persiapan mengajar yang dibutuhkan berupa observasi kelas, konsultasi dengan guru pembimbing, pembuatan RPP dan materi mengajar sekaligus pembuatan perangkat administrasi guru. Setiap kali praktik mengajar di lapangan praktikan membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sebagai persiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada siswa. Penyusun mendapat kesempatan mengajar dikelas X IPA 1 dan X IPS 1. Secara umum, pelaksanaan PLT dapat berjalan dengan baik. Adapun hambatan yang muncul dapat diminimalisir dengan konsultasi dengan guru pamong dan dosen DPL Prodi, sehingga pelaksanaan PLT dapat terlaksana dengan baik. Hasil dari pelaksanaan PPL selama kurang lebih 10 minggu di SMA Negeri 1 Pengasih ini dapat dipetik hasilnya oleh mahasiswa berupa penerapan ilmu pengetahuan dan praktik keguruan di dalam bidang Pendidikan Bahasa Jerman yang diperoleh di bangku perkuliahan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 1 Pengasih, Pendidikan Bahasa Jerman
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 02:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58376

Actions (login required)

View Item View Item