LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK NEGERI 1 PENGASIH

Frentika Kusumaningtyas, Frentika Kusumaningtyas (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMK NEGERI 1 PENGASIH. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
14803241040_FRENTIKA KUSUMANINGTYAS_PEND AKT.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Program Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta sebagai suatu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intrakulikuler yang wajib ditempuh bagi setiap mahasiswa strata satu (S1) yang mengambil program studi kependidikan. Tujuan diadakannya kegiatan PLT yang dilaksanakan secara terpadu ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran. Program PLT akan memberikan pengalaman belajar nyata, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian, tanggungjawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah, sehingga keberadaan program PLT ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa sebagai calon tenaga pendidik dalam mendukung profesinya. Praktik mengajar dilakukan untuk melatih ketrampilan dan kemampuan mahasiswa dalam mengajar, berdasarkan bekal dan persiapan yang telah dilakukan. Pelaksanaan program PLT berlangsung berdasarkan rencana yang telah dibuat dan menerapkan ilmu berdasarkan pembelajaran mikro (micro teaching). Pada kegiatan PLT, mahasiswa menerapkan langkah-langkah dalam mengajar dan berdasarkan prinsip-prinsip pembelajaran. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September 2017 s.d. 15 November 2017. Mahasiswa praktik mengajar di 1 kelas yaitu kelas XI Akuntansi 1 untuk mata pelajaran Akuntansi Keuangan. Materi pokok yang diajarkan pada mata pelajaran Akuntansi Keuangan yaitu Bab Akuntansi Piutang, materinya antara lain pengertian dan ciri-ciri piutang, jenis-jenis piutang, pencatatan data mutasi piutang, saldo piutang, rekapitulasi saldo piutang, analisis piutang tak tertagih dengan metode langsung dan metode penyisihan (cadangan), akuntansi piutang tak tertagih dengan metode langsung dan metode penyisihan (cadangan) termasuk piutang yang telah dihapus tetapi dapat ditagih kembali, penyisihan piutang tak tertagih berdasarkan persentase piutang (pendekatan neraca), persentase penjualan (pendekatan laba-rugi) dan analisa umur piutang, serta mengidentifikasi Piutang Wesel dan Promes. Berdasarkan pelaksanaan PLT di SMK N 1 Pengasih, mahasiswa memperoleh pengalaman yang belum pernah diperolah di bangku perkuliahan, terutama dalam mengajar di kelas, dan merasakan menjadi guru. Selain itu, mahasiswa juga dapat mengembangkan kompetensi mengajarnya sebagai calon pendidik atau tenaga kependidikan. Mahasiswa juga dapat memahami karakteristik peserta didik, menguasai bidang studi, menguasai metodologi pembelajaran, dan dapat mengembangkan kepribadian sebagai guru. Dalam pelaksanaan program tersebut, tidak pernah lepas dari hambatan-hambatan namun kegiatan PLT tetap berjalan lancar. Selama PLT berlangsung, mahasiswa telah mengajar sebanyak 10 kali atau 30 jam pelajaran.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, UNY, SMK N 1 Pengasih
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 00:57
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58339

Actions (login required)

View Item View Item