PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEANGGOTAAN KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA BENGKEL SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI

ANDHIKA , SURYATAMA (2012) PENGARUH KONSEP DIRI DAN KEANGGOTAAN KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KERJA BENGKEL SISWA JURUSAN TEKNIK BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE INFLUENCE OF SELF-CONCEPT AND MEMBERSHIP GROUP AGAINST STUDENTS LEARNED OF THE WORK PRACTICES WORKSHOP BUILDING ENGINEERING IN STATE SMK WONOSARI 2.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh konsep diri terhadap hasil belajar praktik kerja bengkel siswa jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari; (2) Pengaruh keanggotaan kelompok terhadap hasil belajar praktik kerja bengkel siswa jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari; (3) Pengaruh konsep diri dan keanggotaan kelompok secara bersama-sama terhadap hasil belajar praktik kerja bengkel siswa jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini, siswa kelas X jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari berjumlah 35. Sampel sebesar 35 diambil dengan teknik sampling jenuh. Validitas isi instrument diperoleh dari pendapat para ahli (judgment expert) dilanjutkan dengan validitas menggunakan analisis butir soal dengan membandingkan nilai corrected item-total correlation dengan konstanta Rtabel dan uji reabilitas dengan melihat nilai alpha cronbach. Teknik pengumpulan data dengan angket. Analisis data dalam pengujian hipotesis 1 dan 2 menggunakan analisis regresi sederhana, dan hipotesis 3 menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep diri berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar praktik kerja bengkel siswa jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari, α ≤ 0,05, sumbangan efektifnya sebesar 57,7%, dan persamaan Y = 0,038+0,759 X1; (2) Keanggotaan kelompok berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar praktik kerja bengkel siswa jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari, α ≤ 0,05, sumbangan efektifnya sebesar 47,8%, dan persamaan Y = -3,481+0,692X2; dan (3) Konsep diri dan keanggotaan kelompok secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar praktik kerja bengkel siswa jurusan Teknik Bangunan SMKN 2 Wonosari, α ≤ 0,05, sumbangan efektifnya sebesar 68,3%, dan persamaan Y = -2,772 + 0,543X1 + 0,391X2.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Sipil dan Perencanaan > S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 17 Sep 2012 10:53
Last Modified: 17 Sep 2012 10:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/5833

Actions (login required)

View Item View Item