PENGARUH LATIHAN LARI LURUS SATU SENTUHAN SHOOTING DAN LATIHAN LARI ZIG-ZAG SATU SENTUHAN SHOOTING DENGAN METODE DRILL TERHADAP KETEPATAN SHOOTING ATLET UMUR 11-12 TAHUN SEKOLAH SEPAKBOLA PERSIMAN

Widodo, Asep Dwi (2018) PENGARUH LATIHAN LARI LURUS SATU SENTUHAN SHOOTING DAN LATIHAN LARI ZIG-ZAG SATU SENTUHAN SHOOTING DENGAN METODE DRILL TERHADAP KETEPATAN SHOOTING ATLET UMUR 11-12 TAHUN SEKOLAH SEPAKBOLA PERSIMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL TTD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan lari lurus satu sentuhan shooting dan latihan lari zig-zag satu sentuhan shooting dengan metode drill terhadap ketepatan shooting, serta untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kedua latihan dalam peningkatan ketepatan shooting atlet umur 11-12 tahun Sekolah Sepakbola PERSIMAN. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desainpenelitian “two group pretest-posttest design” dengan perlakuan sebanyak 12 kali. Sampel dalam penelitian ini adalah atlet SSB PERSIMAN berjumlah 20 anakyang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Ketepatan shooting diukur menggunakan instrumen Bobby Charlton yang dikemukakan oleh Danny Mielke. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas,sedangkan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh latihan lari lurus satu sentuhan shooting dengan metode drill terhadap ketepatan shooting, dengan t hitung (16,282) > t tabel (2,262) dengan peningkatan persentase 36,73%. (2) Ada pengaruh latihan lari zig-zag satu sentuhan shooting dengan metode drill terhadap ketepatan shooting, dengan t hitung (15,652) > t tabel (2,262) dengan peningkatan persentase 35,71%. (3) Terdapat perbedaan antara pengaruh latihan lari lurus satu sentuhan shooting dan latihan lari zig-zag satu sentuhan shooting dengan metode drill dalam peningkatan ketepatan shooting, namun perbedaannya sangat kecil dan tidak signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: lari lurus, lari zig-zag, ketepatan shooting
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 09 Aug 2018 04:29
Last Modified: 30 Jan 2019 16:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58313

Actions (login required)

View Item View Item