LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

Ulliyah Sumanjaya, Ulliyah Sumanjaya (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU ULLIYAH SUMANJAYA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung yang dilaksanakan selama 2 bulan kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktis dalam dunia pendidikan, memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan keterampilan, kemandirian dan bertanggung jawab dalam mengambil keputusan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi profesional, dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) ini diharapkan mahasiswa mempunyai bekal dan pegalaman yang cukup banyak sebagai calon pendidik yang berkualitas dan profesional. Dalam pelaksanaan PLT yang bertempat di SMA Negeri 2 Klaten, para praktikan mencoba mengajarkan materi sesuai dengan bidang keahlian yang ditekuni. Persiapan mengajar yang dibutuhkan yaitu membuat silabus, program tahunan (prota), program semester (prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan pembuatan media seperti PPT dan LKPD. Media yang digunakan harus sesuai guna mempermudah dan memperlancar proses pembelajaran. Dalam pelaksanaan praktik mengajar mahasiswa harus membuat RPP dan dikonsultasikan kepada guru pembimbing untuk memperoleh saran. Pembuatan RPP bertujuan untuk pesiapan mengajar supaya lebih mudah dan lebih menguasai materi yang akan disampaikan kepada peserta didik di kelas. Selama pelaksanaan PLT, praktikan mengajar 2 kelas yakni kelas XI MIPA 4 dan XI MIPA 5 yang dilaksanakan sebanyak 15 kali tatap muka. Lima tatap muka pertama mengajar terbimbing dengan pendampingan guru pembimbing, 8 proses mengajar mandiri dan 2 untuk penilaian harian. Selain praktik mengajar, praktikan jug mengikuti kegiatan sekolah seperti upacara bendera hari Senin dan upacara hari besar, melaksanakan piket KBM dan piket STP2K, mengikuti kegiatan memperingati Bulan Bahasa, menjadi bagian dalam pelaksanaan Penilaian Harian Bersama (PHB) dan kegiatan-kegiatan yang lain yang dapat memberikan pengetahuan dan manfaat bagi prakttikan. Kegiatan PLT dilaksanakan 15 September hingga 15 November 2017. Melalui kegiatan PLT ini, mahasiswa banyak memperoleh manfaat dan pengalaman baik dalam hal mengajar maupun dalam hal bermasyarakat (berkomunikasi dengan warga sekolah) karena selama pelaksanaan selain praktik mengajar juga mengikuti kegiatan yang diadakan oleh sekolah. Dari kegiatan ini praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik dan dapat memberikan bekal kepada para praktikan untuk dapat mencapai sebuah proses pembelajaran yang optimal demi terciptanya efisiensi dan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran yang optimal.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Mengajar, Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), Praktikan, SMA Negeri 2 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 00:40
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58310

Actions (login required)

View Item View Item