LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING(PLT) SMA NEGERI 2 KLATEN

Toifah, Toifah (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING(PLT) SMA NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU TOIFAH.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah PLT pada dasarnya dapat memberikan life skill bagi mahasiswa, yaitu pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah. Kegiatan PLT di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Kompetensi mahasiswa sebagai calon pendidik yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial juga dikembangkan dalam kegiatan ini. Kegiatan PLT di SMA Negeri 2 Klaten, merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMA N 2 Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa pada tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 17 mahasiswa dari berbagai prodi yang berbeda di Universitas Negeri Yogyakarta. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bertujuan untuk melatih praktikan dalam menerapkan kemampuannya dan pengetahuannya serta mempraktikkan ilmu yang telah diperoleh selama perkuliahan. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Dalam kesempatan PLT di SMA N 2 Klaten ini praktikan mendapat kesempatan mengajar mata pelajaran geografi di tiga kelas yaitu; XI IPS 3, XI MIPA 6 dan XI MIPA 5. Kegiatan PLT yang dilakukan praktikan dimulai tanggal 15 September sampai dengan 15 November 2017, dengan menggunakan beragam metode pembelajaran geografi sesuai dengan kurikulum 2013 dan media pembelajaran geografi. Evaluasi pembelajaran dilakukan dari mulai awal pembelajaran sampai akhir pembelajaran. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Praktikan juga berperan dalam kegiatan sekolah lainnya seperti piket harian dan membantu kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pihak sekolah. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini diharapkan praktikan mempunyai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional. Melalui kegiatan PLT ini banyak sekali manfaat yang dapat diambil. Praktikan dapat mengetahui bagaimana menjadi guru yang baik sehingga dapat memberikan bekal kepada praktikan untuk kedepannya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA N 2 Klaten, Pendidikan Geografi
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 00:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58309

Actions (login required)

View Item View Item