LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 2 KLATEN

Syarifah Asma, Syarifah Asma (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU SYARIFAH ASMA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta merupakan salah satu universitas dengan latar belakang pendidikan yang memiliki misi untuk menyiapkan serta menghasilkan guru atau tenaga kependidikan yang profesional dan handal. Melalui program-program mata kuliah kependidikan yang dilaksanakan secara teori, praktik, maupun lapangan diharapkan mampu memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para mahasiswa tentang proses belajar mengajar. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu bentuk pendidikan dengan cara memberikan pengalaman belajar di lapangan secara langsung kepada mahasiswa untuk mengaplikasikan kemampuan akademis maupun praktik dalam dunia pendidikan. Sebelum mengikuti kegiatan PLT, mahasiswa mengikuti mata kuliah micro teaching sebagai awal pembelajaran untuk kegiatan PLT. SMA Negeri 2 Klaten yang beralamatkan di Jalan Angsana, Trunuh, Klaten Selatan, Klaten, Jawa Tengah, merupakan salah satu sekolah yang dijadikan lokasi kegiatan PLT UNY pada tahun 2017. Kegiatan PLT dilaksanakan pada tanggal 15 September – 15 November 2017. Mata pelajaran yang diampu oleh penyusun adalah Bahasa Prancis dengan alokasi waktu tiap minggu sebanyak 14 jam pelajaran. Penyusun sendiri mengampu 3 kelas, yaitu kelas X MIPA 6, XI IPS 1, dan XII IPS 1 serta 1 kelas dengan teknik team teaching yakni kelas X IPS 1. Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama 40 kali pertemuan terdiri dari 36 kali pertemuan untuk pemberian materi dan presentasi serta 4 kali pertemuan untuk kegiatan evaluasi. Secara keseluruhan, program kerja PLT terlaksana dengan baik, meskipun masih ada kekurangan. Dimulai dari persiapan PLT berupa konsultasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode pembelajaran, evaluasi dan lembar penilaian. Dalam pelaksanaan PLT terdapat beberapa hambatan namun masih dalam taraf wajar. Hambatan-hambatan tersebut diharapkan dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi penyusun untuk lebih meningkatkan kualitas, terutama di bidang pendidikan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), PLT, SMA Negeri 2 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 00:41
Last Modified: 01 Oct 2019 11:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58308

Actions (login required)

View Item View Item