LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMA NEGERI 2 KLATEN

LUTFI NURUL AINI, LUTFI NURUL AINI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING SMA NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU LUTFI NURUL AINI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan salah satu mata kuliah terintegrasi yang wajib ditempuh untuk seluruh mahasiswa jurusan kependidikan di Universitas Negeri Yogyakarta. Kegiatan PLT di sekolah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan. Kegiatan PLT merupakan salah satu kesempatan bagi mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan kependidikan dalam mengamalkan ilmu yang telah didapat di bangku kuliah untuk diterapkan secara nyata di lingkungan sekolah. Dengan demikian, praktikan diharapkan mempunyai bekal dan pengalaman sebagai calon pendidik yang berkualitas. Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2017 yang berlokasi di SMA N 2 Klaten telah dilaksanakan oleh mahasiswa praktikan pada tanggal 15 September 2017 sampai 15 November 2017. Kelompok PLT di lokasi ini terdiri dari 17 mahasiswa dari berbagai prodi yang berbeda di Universitas Negeri Yogyakarta. Dalam kesempatan PLT di SMA N 2 Klaten ini praktikan mendapat kesempatan mengajar mata pelajaran sosiologi di kelas X IPS 1, X IPS 2, dan XI IPS 2. Dalam pelaksanaan proses mengajar, mahasiswa praktikan menggunakan beragam metode pembelajaran sosiologi sesuai dengan kurikulum 2013 dan media pembelajaran sosiologi yang digunakan sesuai dengan materi yang akan disampaikan agar memudahkan peserta didik dalam memahami konsep. Mahasiswa praktikan juga melakukan berbagai penilaian terhadap peserta didik, baik penilaian kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Penilaian kognitif dilakukan dengan memberikan evaluasi saat proses pembelajaran berlangsung, sedangkan penilaian afektif dilakukan dengan melihat sikap peserta didik baik didalam proses pembelajaran maupun diluar pembelajaran, sedangkan penilaian psikomotorik dilakukan dengan melihat hasil penugasan yang dikerjakan oleh peserta didik. Dalam kegiatan praktik mengajar di sekolah, secara langsung praktikan dibimbing oleh guru pembimbing dan dosen pembimbing. Peran dari guru pembimbing sangatlah besar bagi mahasiswa praktikan. Selama kegiatan PLT berlangsung, mahasiswa praktikan dilatih oleh guru pembimbing agar dapat menjadi seorang guru yang profesional baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kelengkapan administrasi seorang guru. Selain melakukan kegiatan kokurikuler (mengajar), mahasiswa praktikan juga berperan aktif dalam kegiatan sekolah lainnya seperti piket harian, membantu kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh pihak sekolah, serta mendampingi kegiatan ekstrakurikuler yang ada di sekolah. Dengan adanya pengalaman tentang penyelenggaraan sekolah ini baik proses belajar-mengajar, administrasi kependidikan, maupun kegiatan ekstrakurikuler, diharapkan mahasiswa praktikan mempunyai bekal yang banyak untuk menjadi tenaga pendidik yang profesional.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA N 2 Klaten, Sosiologi.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 20 Aug 2018 00:35
Last Modified: 01 Oct 2019 11:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58300

Actions (login required)

View Item View Item