PENERAPAN METODE UNIT TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK TAHUN 2010/2011

Mugi Lestari, Mugi Lestari (2011) PENERAPAN METODE UNIT TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK TAHUN 2010/2011. S1 thesis, uny.

[img]
Preview
Text
ooo.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat berwirausaha siswa melalui metode unit teaching dan mendeskripsikan penerapan metode unit teaching dalam meningkatkan minat berwirausaha siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kolaboratif, dengan subjek penelitian siswa kelas VII A yang berjumlah 37 siswa. Subjek penelitian adalah kelas dimana jumlah siswa yang berminat untuk berwirausaha paling sedikit dibanding kelas yang lain. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi, FGD, dan dokumentasi. Angket minat berwirausaha disusun dengan menggunakan jenis validitas logik (logical validity). Item yang valid adalah item yang koefisien korelasinya lebih dari 0,30. Reliabilitas angket dihitung dengan rumus alpha dan diperoleh koefisien alpha sebesar 0,802. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik persentase untuk memaknai angket minat berwirausaha dan deskriptif kualitatif untuk memaknai data yang diperoleh selama observas dan FGD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode unit teaching dapat meningkatkan minat berwirausaha siswa. Hasil pre test menunjukkan bahwa minat berwirausaha siswa berada pada kriteria cukup tinggi dengan skor rata-rata 113 dan hasil post test menunjukkan bahwa minat berwirausaha siswa berada pada kriteria tinggi dengan skor rata-rata 129. Hasil observasi selama tindakan dan FGD juga menunjukkan bahwa siswa memahami pentingnya nilai-nilai yang terkandung dalam wirausaha seperti sikap percaya diri, berani mengambil risiko, dan kreativitas. Dengan adanya penerapan metode unit teaching seluruh siswa yang berjumlah 37 menjadi berminat untuk berwirausaha. Metode unit teaching dengan menggunakan sumber pustaka, internet, wawancara dengan wirausahawan, observasi ke tempat usaha, dan presentasi dapat meningkatkan minat berwirausaha siswa. Pada saat kegiatan studi pustaka semua kelompok aktif mencari informasi dari sumber pustaka. Pada saat kegiatan akses internet semua siswa mampu mengoperasikan internet untuk mengakses informasi yang diperlukan. Pada saat wawancara setiap kelompok mampu berkomunikasi secara baik dengan narasumber. Setiap kelompok mampu mempresentasikan laporan dengan baik, menguasai isi laporan, serta mampu menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh kelompok lain. Kata kunci : minat berwirausaha, metode unit teaching, SMP Muhammadiyah 3 Depok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 06:21
Last Modified: 29 Jan 2019 13:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item