LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 2 KLATEN

Erlin Nur Afiah, Erlin Nur Afiah (2017) LAPORAN INDIVIDU KEGIATAN PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT) SMA NEGERI 2 KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU ERLIN NUR AFIAH.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta sebagai salah satu perguruan tinggi kependidikan memiliki tujuan menghasilkan lulusan calon pendidik yang berkompeten sesuai dengan bidang ilmu pendidikan masing-masing. Upaya-upaya pembelajaran yang terdapat di Universitas Negeri Yogyakarta untuk mewujudkan tujuan tersebut antara lain diadakannya mata kuliah berbasis pendidikan, kegiatan penunjang keterampilan serta keahlian calon pendidik seperti praktik pengajaran mikro dan praktik pengajaran langsung di sekolah atau yang pada tahun ini disebut dengan Praktik Lapangan Terbimbing (PLT). Sekolah yang menjadi lokasi Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) bagi penyusun adalah SMA Negeri 2 Klaten. Kegiatan diawali dengan observasi sekolah, kelas, dan persiapan materi ajar. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mempersiapkan materi ajar adalah kurikulum yang berlaku di sekolah tersebut, kelaskelas yang akan menjadi kelas praktik, serta penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan penentuan metode, model, dan strategi pembelajaran yang tepat. Penyusun telah berhasil praktik mengajar mata pelajaran Geografi di empat kelas yaitu kelas X.MIPA 4, X.MIPA 5, X.MIPA 6, dan X.IPS 1 dengan RPP serta berbagai metode, model, media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Selain praktik mengajar, mahasiswa berlatih melaksanakan tugas-tugas sebagai calon guru yang berguna untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas diri, serta ikut serta dalam kegiatan sekolah dan organisasi siswa.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Praktik Lapangan Terbimbing (PLT), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), metode pembelajaran, model pembelajaran, strategi pembelajaran
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2018 05:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58294

Actions (login required)

View Item View Item