LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT)

ERLIN ERNAWATI, ERLIN ERNAWATI (2017) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK LAPANGAN TERBIMBING (PLT). Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
LAPORAN INDIVIDU ERLIN ERNAWATI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Praktik Lapangan Terbimbing (PLT) merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa program pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pada mata kuliah ini mahasiswa melaksanakan praktik mengajar secara langsung di sekolah atau lembaga pendidikan. Pada kesempatan ini diharapkan mahasiswa dapat menerapkan ilmu-ilmu pengetahuan yang diperoleh di perkuliahan secara maksimal baik dalam kegiatan belajar mengajar (KBM) maupun non-KBM. PLT memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempelajari, mengenal, dan menghayati permasalahan di sekolah/lembaga pendidikan baik yang terkait dengan proses pembelajaran maupun manajerial kelembagaan serta memecahkan permasalahan yang ada. Oleh karena itu, PLT dapat memberikan pengalaman yang banyak bagi mahasiswa, seperti pengalaman belajar yang kaya, dapat memperluas wawasan, melatih dan mengembangkan kompetensi yang diperlukan dalam bidangnya, meningkatkan ketrampilan, kemandirian, tanggung jawab, dan kemampuan dalam memecahkan masalah terutama masalah pembelajaran. Kegiatan PLT di SMA Negeri 2 Klaten dilaksanakan selama dua bulan yaitu pada tanggal 14 September – 14 November 2017. Selama dua bulan mahasiswa melakukan berbagai kegiatan baik kegiatan praktik mengajar, mupun kegiatan nonmengajar yang mana semua kegiatan tersebut telah dicantumkan dalam matriks pelaksanaan kegiatan PLT. Untuk kegiatan mengajar, mahasiswa mengajar kelas X MIPA sebanyak 2 kelas yaitu kelas X MIPA 4 dan X MIPA 6. Mahasiswa mengajar sebanyak 10 kali pertemuan dengan RPP sebanyak 9 RPP yang mana setiap pertemuan berdurasi 3 jam pelajaran. Untuk kegiatan nonmengajar seperti membantu guru menjaga piket KBM dan piket STP2K, membantu OSIS dalam melaksanakan event sekolah, membantu sekolah dalam melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler, dan lain sebagainya dilaksnakan bersama-sama dengan anggota kelompok PLT yang lain. Selain itu mahasiswa juga mengikuti kegiatan sekolah seperti mengikuti upacara bendera hari Senin dan upacara hari besar. Selama kegiatan PLT berlangsung mahasiwa didampingi oleh dosen pembimbing lapangan (DPL) dan guru pembimbing. DPL dan guru pembimbing bertugas untuk mendampingi, membimbing dan memberikan masukan yang membangun sehingga mahasiswa dapat memperbaiki cara mengajar menjadi lebih baik.selama dua bulan pelaksanaan PLT, DPL memberikan bimbingan sebanyak 3 kali, sedangkan guru pembimbing hampir setiap minggu memberikan bimbingan dan masukan. Secara keseluruhan mahasiswa dapat melaksnakan kegiatan PLT dengan baik dan lancar. Mahasiswa dapat menerapkan ilmunya dengan cukup baik, dan mendapatkan respon positif dari siswa. Selain itu, mahasiswa juga memperoleh banyak pengalaman yang berharga seperti dapat mengetahui karakteristik masingmasing siswa di kelas, mengetahui teknik belajar yang disukai siswa, mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan guru selain mengajar di kelas, dan sebagainya.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PLT, SMA Negeri 2 Klaten
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 18 Aug 2018 05:20
Last Modified: 01 Oct 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/58293

Actions (login required)

View Item View Item